Senin, 11 April 2011

Panangian: Perumahan Bukan Isu Strategis di Indonesia



                  JAKARTA, Tiga kebutuhan pokok masyarakat, yakni sandang, pangan, dan papan wajib dipahami benar oleh para pemangku kebijakan. Satu dari tiga kebutuhan tidak terpenuhi, maka akan tetap menjadi problem dalam menaikkan indeks pembangunan kualitas hidup masyarakat.

"Indonesia adalah satu-satunya negara yang tidak kuat intervensinya dari segi politik maupun pembiayaan dalam bidang perumahan, terutama menyediakan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah."
-- Panangian Simanungkalit--
"Kalau kebutuhan akan sandang dan pangan terpenuhi, tapi kebutuhan papan tidak terpenuhi tetap menjadi problem sebuah bangsa meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya," kata pengamat properti, Panangian Simanungkalit ketika ditemui di Kemang Village, Jakarta Selatan, Jumat (8/4/2011).

Panangian mengatakan bahwa masalah perumahan bukan isu strategis di Indonesia bila dibandingkan dengan negara-negara lain. "Indonesia adalah satu-satunya negara yang tidak kuat intervensinya dari segi politik maupun pembiayaan dalam bidang perumahan, terutama menyediakan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah," katanya.

Menurutnya, masalah-masalah bidang perumahan tidak didukung oleh pemerintah. Sebagai bukti, di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Korea, rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah dikuasasi oleh pemerintah. Sementara, properti menengah ke atas baru diperbolehkan dikuasai pengembang.


Saat ini, pemerintah harus segera membuat kebijakan yang masif dengan memenuhi angka backlog perumahan. "Pemerintah harus mendayagunakan segi politik dan pembiayaan membangun rumah di bawah Rp 100 Juta. Jangan sampai terlambat untuk melakukan intervensi ini," ujar Panangian

Sumber : www.properti.kompas.com/Panangian.Perumahan.Bukan.Isu.Strategis.di.Indonesia.
Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar