Jumat, 09 September 2011

Tak Punya Uang, Unpad Cari Mitra Bangun Hotel dan Mal




Jakarta - Universitas Padjadjaran (Unpad) berencana memanfaatkan lahan nganggur miliknya untuk dibangun mal dan hotel. Namun, karena tidak punya uang, Unpad akan mencari mitra strategis.

Menurut Rektor Unpad Ganjar Kurnia, pihaknya sudah pernah membicarakan rencana ini kepada beberapa investor, namun sampai kini belum ada kesepakatan yang bisa diambil.

"Unpad itu punya berbagai macam aset yang idle (nganggur) yang harus dioptimalkan. Jumlah seluruh asetnya kira-kira Rp 1,5 triliun," katanya ketika dihubungi detikFinance, Jumat (9/9/2011).

Aset-aset tersebut tersebar di seluruh Bandung, beberapa diantaranya masih digunakan untuk perkuliahan seperti Fakultas Matematika dan IPA di Jalan Dago. Nantinya, jika hotel tersebut siap dibangun maka seluruh perkuliahan akan dipindahkan ke Jatinangor.

"Kita harus cari investor dulu. Unpad itu tidak punya uang. Nanti kalau sudah ada investornya baru kita urus perizinan ke Kemenkeu dan Diknas," ucapnya.

Ganjar mengatakan, rencana jangka panjang Unpad adalah memfokuskan kegiatan perkuliahan di Jatinangor sehingga gedung-gedung kuliah yang terletak di Bandung bisa dioptimalkan untuk memperbaiki arus kas, salah satu dengan pembangunan hotel tadi.

Ia berharap, jika aset-aset tersebut sudah dioptimalkan, maka bisa menyumbangkan keuntungan yang signifikan bagi Unpad. Keuntungan tersebut akan dialirkan ke masing-masing fakultas untuk berbagai kebutuhannya.

"Jadi nanti kalau arus kas kita sudah diperbaiki, kita bisa memberikan pelayanan yang labih baik lagi untuk mahasiswa, seperti pengembangan auditorium, biaya penelitian dan perbaikan kampus," ujarnya.

Meski diprediksi proyek ini akan menyehatkan keuangan Unpad, ia mengaku sulit untuk menurunkan biaya kuliah. Pasalnya, saat ini biaya kuliah di Unpad sudah paling murah diantara universitas negeri lainnya.

"Jangankan dibandingkan universitas lain, dengan SD atau SMP saja kita ini kan hampir sama biayanya," tegasnya.

Ia menambahkan, selain pembangunan hotel di seputaran Jalan Dago tersebut, Unpad juga akan mendirikan mal dan hotel di Jatinangor. Bangunan tersebut diharapkan bisa memfasilitasi kebutuhan mahasiswa dan orang tuanya.

"Jadi nanti kita bikin semacam book store (toko buku) untuk mahasiswa, selain itu orang tua mahasiswa bisa memanfatkan hotelnya jika ada keperluan ke kampus," tambahnya.

Sumber : www.finance.detik.com/tak-punya-uang-unpad-cari-mitra-bangun-hotel-dan-mal

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar