Selasa, 14 Februari 2012

Kamar Mandi Hemat Energi

detail berita
open bathroom (foto: grandhomedesign.com)
KAMAR mandi menjadi ruang utama yang harus disediakan pada setiap rumah tinggal. Membuat kamar mandi bisa yang sederhana saja asalkan cukup nyaman. Namun, terkadang justru biaya terbesar saat membangun atau merenovasi rumah, ada dalam pembuatan kamar mandi.

Besarnya biaya tersebut lahir karena kita membutuhkan tingkat kenyamanan tertentu di kamar mandi. Sebagian orang mengeluarkan biaya lebih demi kenyamanan, tidak menjadi masalah. Tapi kenyamanan dapat pula dihadirkan dengan konsep hemat energi.

Mandi sambil berhemat, caranya dengan meminimalkan penggunaan energi. Memaksimalkan penggunaan cahaya matahari dan udara segar serta meminimalkan penggunaan air. Mengapa kita tidak memanfaatkan cahaya matahari dan udara segar yang dapat diperoleh dengan gratis? Sedangkan air merupakan sumber alam yang terbatas, harus dibatasi pula pemakaiannya.

Pengoptimalan sumber alam gratis sebagai partisipasi pada desain kamar mandi Anda dapat dilakukan dengan cara:

1. Gunakan shower untuk mandi, karena akan menghemat air.
2. Gunakan pengudaraan alami, artinya gunakan jendela berukuran cukup agar udara dapat  masuk leluasa.
3. Kalau memungkinkan, gunakan kamar mandi terbuka, tetapi masih tetap aman dari mata jahil atau binatang. Bagian atas ruang terbuka bisa diamankan dengan menggunakan teralis besi yang cukup kuat.
4. Biarkan cahaya matahari masuk dengan leluasa, sehingga dapat menggunakan cahaya alami pada siang hari. Tidak perlu menyalakan lampu karena kamar mandi sudah cukup terang.
5. Anda bisa menambahkan tanaman untuk bisa menghadirkan suasana mandi di alam atau gunakan asesoris kamar mandi dari material alam. Tanaman bisa terus hidup karena mendapat udara segar.

Aktivitas mandi tidak hanya membersihkan badan saja, selain menyegarkan, bisa melepas penat dan bersantai, mandi juga dapat berhemat pula.


Sumber : www.property.okezone.com/kamar-mandi-hemat-energi

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar