Senin, 13 Februari 2012

Pengkondisi Udara pada Ruangan Ternyata Bahaya!

detail berita
Foto: Kamar dengan AC/ herisetyawan.org
JAKARTA - Pendingin suhu ruangan atau yang lebih dikenal dengan sebutan air conditioner (AC) merupakan elemen penting dalam rumah. Selain bisa menurunkan suhu yang tengah tinggi, AC bisa dikatakan merupakan alat pengatur suhu yang praktis.

Namun, tahukah Anda, AC tidak hanya memberikan manfaat seperti membuat rungan menjadi lebik sejuk dan kepraktisan saja? Jika berlebihan, penggunaan AC ternyata bisa membawa dampak negatif.

Seperti yang dikutip dari blog arsitektur Architectaria, Minggu (12/2/2012), beberapa ahli menyebut, AC memperburuk efek dari penderita arthritis (radang pada sendi) dan neuritis (radang pada syaraf).

AC juga memperburuk efek dari penderita sinus. Selain reaksi yang gampang dan cepat terlihat seperti tersebut diatas, AC juga memilki reaksi halus dalam jangka panjang yang berefek buruk pada kesehatan sesorang.

Hasil penelitian pada orang yang tinggal dalam ruangan ber-AC dalam jangka waktu yang lama menunjukkan bahwa mereka lebih rentan untuk terkena penyakit pilek, dan flu dibandingkan orang yang bekerja diluar ruangan atau tidak terkena AC.

Hal ini juga menunjukkan bahwa tubuh bisa mengalami stres jika menghadapi perubahan suhu yang secara tiba-tiba, dari cuaca diluar rumah yang panas kemudian masuk dalam rumah yang menggunakan AC.

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa orang-orang yang telah terbiasa berada dalam ruangan atau lingkungan yang ber-AC sangat sulit untuk menghadapi dan beradaptasi dengan musim panas.

Banyak mereka yang mengalami sakit akibat perubah suhu yang signifikan antara diluar ruangan yg bersuhu antara 30-45 derajat celcius dan suhu didalam ruangan antara 10-15 derajat celcius. Perubahan suhu ini akan membawa pengaruh buruk pada kesehatan sesorang.

Memang penggunaan AC tidak melulu menghasilkan dampak negatif, masih ada manfaat darinya. Bila cuaca diluar rumah panas, penyejuk udara menciptakan suasana yang nyaman didalam ruangan. AC bisa menghilangkan panas akibat penyakit ruam, mengurangi penyakit demam, membersihkan udara yang kotor, dan sebagainya.

Keputusan menggunakan AC tentu saja tergantung pada Anda. Setelah mempertimbangkan hal pro dan kontra, mungkin sebagian besar orang akan tetap menggunakannya, tapi gunakan dengan bijak dan berhematlah.
Kondisikan suhu ruangan tidak terlalu dingin, dan jangan terlalu tergantung pada AC.

Jika anda baru akan membangun rumah, mintalah arsitek anda mendesain rumah dengan sirkulasi udara yang baik. Jika rumah sudah terlanjur dibuat, tanamlah banyak pohon agar lingkungan rumah menjadi lebih teduh dan sejuk.


Sumber : www.property.okezone.com/pengkondisi-udara-pada-ruangan-ternyata-bahaya

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar