Senin, 13 Februari 2012

Solusi Oke Atasi Rembesan Air pada Dinding

detail berita
Foto: Perbaiki rembesan air/ architectaria.com
JAKARTA - Rembesan air pada dinding memang kerap membuat kesal lantaran bisa mengubah tampilan fasad dinding menjadi tidak sedap dipandang. Belum lagi jika dinding terkelupas dan menimbulkan bau lembab, pastinya membuat siapapun yang berada di dalam ruangan menjadi tidak nyaman.

Untuk itu, setelah mengetahui apa penyebab rembesan air bisa mengenai dinding Anda, sebaiknya langsung melakukan tindakan untuk mencegah rembesan air kembali membasahi dinding.

Berikut solusi untuk mencegah rembesan air pada dinding, seperti dikutip dari blog arsitektur Architectaria, Senin (13/2/2012):

1. Perawatan dan perbaikan dinding eksterior.
Jika rembesan air hanya meninggalkan noda berupa spot yang tipis, maka rembesan air jenis dapat diatasi dengan waterproofing yang biasa Anda temui di toko bahan bangunan dengan tipe coating.

Namun, bila rembesan air yang terjadi cukup besar dan membuat dinding rumah bagian dalam rusak parah, maka waterproofing tipe coating kurang cocok untuk digunakan karena waterproofing tipe ini tidak cukup kuat menahan air dari dalam tembok.

Hasilnya, waterproofing tersebut akan menggelembung. Ini sama halnya dengan menggunakan cat minyak untuk menahan rembesan air, akan sia-sia lantaran minyak akan melarutkan zat alkali pada semen nantinya berdampak pada melunaknya cat minyak hingga terlepas dari dinding.

Untuk mengatasi masalah ini, lakukan plesteran ulang atau melapisi plesteran lama pada dinding eksterior dengan yang baru, yang sebelumnya ditambah dengan zat aditif.

Bila ada keretakan pada dinding eksterior, maka perbaikan harus difokuskan pada bagaimana mengatasi dan memperbaiki keretakan dinding eksterior. Bisa dengan cara menambalnya, atau bisa dengan melebarkan area retakan dengan menggunakan betel yang sudah dipotong sesuai ukuran kemudian dicampur dengan Weldgrout dan mortar.

2. Perawatan dan perbaikan pada dinding interior.
Jika dinding rumah Anda berdekatan dengan dinding tetangga, plesteran dinding lama yang rembes atau lembab di bagian dalam rumah bisa dikupas atau dibobok sampai bertemu dengan lapisan batako atau beton. Bersihkan dan lembabkan permukaan batu, kemudian, isi dinding yang sudah dilembabkan dengan campuran mortar dan Weldgrout.

Jika rembesan air pada dinding interior tidak terlalu parah, bisa diakali dengan zat aditif yang diaplikasikan setelah cat dinding dikupas sampai acian bisa terlihat.

Sekeringnya zat aditif tersebut, gunakan zat aditif Weldcrete. Tunggu beberapa hari setelah mengaplikasikan Weldcrete coating, baru cat dinding Anda dengan cat dinding interior. Jangan lupa, sebelum mengaplikasikan cat dinding, campurkan cat dengan zat aditif Weldnat.


Sumber : www.property.okezone.com/solusi-oke-atasi-rembesan-air-pada-dinding

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar