Kamis, 08 Maret 2012

Kreatif dengan Aplikasi Kain Dekoratif

detail berita
Foto: Ruangan dengan aplikasi kain/ designdecorstaging.com
TIDAK perlu dekorasi mahal untuk membuat rumah tampil indah dan menawan. Mungkin sebagian dari Anda banyak yang tak menyadari bahwa kain bisa dijadikan elemen interior yang mampu menciptakan tampilan ruang yang berbeda.

Dari berbagai jenis bahan dalam interior, kain bisa dijadikan pelapis yang cukup memberikan kesan visual agar tampilan interior rumah Anda tidak kaku. Kain dapat menjadikan ruangan terlihat nyaman dan manusiawi.

Biasanya, kain digunakan sebagai pelapis furnitur atau upholstery seperti kain untuk gorden,pelapis dinding, pelapis lantai, dan permadani. Jika dibandingkan dengan hard material dalam interior, kain mempunyai umur penggunaan yang lebih pendek dan kerap didekorasi kembali sesuai tren yang berlaku.

Desainer interior Susan Octari Yauwhan menuturkan,ada beberapa kriteria yang dapat dijadikan pertimbangan untuk mengaplikasikan kain sebagai dekorasi interior. Di antaranya ketebalan kain atau beratringan kain.

Misalkan untuk gorden dengan model yang sederhana, bisa memilih kain yang agak berat sehingga jatuhnya lebih baik. Sementara untuk model lain,kadang kala dibutuhkan kain yang agak ringan.

Bukan hanya dari beberapa kriteria kain, Anda juga harus menentukan tema warna yang diinginkan agar hasilnya dapat disesuaikan dengan gaya ruangan. Untuk menentukan tema, Anda bisa melakukannya dengan mencoba-coba terlebih dulu melalui sketsa,memilih bahan yang sesuai, juga warna.

"Ketahanan sebuah kain bisa dilihat dari awetnya penggunaan, cepat kotor, atau tidak, dan bagaimana perawatannya. Ada baiknya sebelum digunakan, cari informasi pemakaian dan perawatannya, apakah pas diterapkan untuk rumah atau tidak," ungkap Susan.

Masalah penting lainnya adalah dana yang harus Anda siapkan.Setiap bahan memiliki umur ekonomis yang berbeda sehingga selain harga bahan dan ongkos pemasangan, terdapat pula biaya perawatan serta biaya penggantian kembali.

Biaya perawatan biasanya ditentukan oleh ketahanan bahan yang digunakan. Bagus atau tidak kain yang digunakan bukan ditentukan oleh murah-mahalnya bahan, melainkan oleh spesifikasi yang digunakan. Pilih bahan yang ramah lingkungan, dalam arti dapat didaur ulang dan tidak mengandung zat berbahaya.

"Disarankan untuk tidak menggunakan kulit binatang yang dilindungi. Gunakan bahan yang dapat diperbaharui,seperti katun wol, sutra, dan sebagainya," sebut Susan.

Bukan hanya faktor bahan dan biaya,Anda juga harus tahu dulu jenis kain yang cocok untuk interior rumah, misalkan rayon,sutra,olefin,poliester, kapas, akrilik, dan kulit. "Rayon memiliki tekstur mengkilap terang dan merupakan pilihan bagi yang ingin mendapatkan bahan yang tahan lama daripada sutra.Rayon bisa dibilang lebih awet daripada bahan sutra. Hanya,kekurangannya adalah mudah kusut," kata desainer interior Ade Lesmana.

Jadi, jika Anda tertarik membeli bahan tipe rayon,ada baiknya diletakkan pada permukaan yang datar, dan tidak digunakan pada area yang sering diduduki atau meletakkan barang-barang. Sementara itu,bahan sutra bisa Anda gunakan sebagai tirai, sarung bantal, atau bahkan lapisan kursi di ruang tamu Anda.

"Sutra memiliki tekstur yang lembut dan dapat memantulkan cahaya dengan baik. Tapi sayang,tipe ini mudah rusak atau tidak tahan lama," ungkap Ade.

Kalau Anda ingin mencari bahan yang nyaman dan fungsional, Anda bisa memilih bahan sintetis, seperti olefin. Bahan ini sangat tahan lama dan tidak mudah bernoda. "Jenis kain ini bisa dikatakan cukup sempurna bila digunakan di ruang yang memiliki mobilitas tinggi,seperti ruang keluarga.Olefin dapat disesuaikan dengan kain lain,bergantung pada fungsinya," papar Ade.

Jika ingin rumah Anda kelihatan lebih minimalis,ada baiknya memilih corak geometris sederhana, tidak berlebihan, berbentuk garis vertikal dan horizontal. Pilih warna cerah minimalis, lalu berikan aksen dengan menggunakan permainan dua warna yang sengaja ditabrakkan untuk menghapus kesan monoton. Untuk bantal sofa, sebaiknya menggunakan warna yang senada dengan sofa.


Sumber : www.property.okezone.com/kreatif-dengan-aplikasi-kain-dekoratif

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar