Jumat, 16 Maret 2012

Pesona Lesehan

detail berita
Interior khas Jepang. (Foto : Corbis.com)
Bosan dengan desain rumah Anda? Jangan berkecil hati karena masih ada banyak alternatif penataan untuk interior hunian Anda itu, salah satunya konsep desain lesehan.

Gaya atau budaya lesehan tentu bukan sesuatu yang baru pada penataan interior rumah di Indonesia. Sejatinya, gaya lesehan ini merupakan budaya tradisional suku-suku di Indonesia. Di beberapa negara lain, kita juga bisa melihat penerapan gaya ini, seperti di Jepang dan Korea. Kata lesehan sendiri konotasinya kental dengan warung lesehan, ibarat kata ngemper di bawah. Namun, kalau kita telaah lebih jauh, gaya lesehan ini sangat praktis dan ekonomis. Menurut Satrio Herlambang, arsitek yang juga seorang urban designer, gaya lesehan bukan sesuatu yang rendah atau jelek.

Lesehan bisa menjadi sebuah gaya hidup, bergantung pada pengelolaan ruangannya. Gaya lesehan merupakan cara yang cukup simpel untuk menata sebuah ruangan karena konsepnya yang memang tidak memerlukan banyak perabot atau furnitur. "Lesehan adalah suatu gaya arsitektur di mana kita tidak memerlukan banyak perabot atau furnitur dan hanya mengandalkan satu atau dua furnitur sebagai penanda," sebut Satrio. Tidak banyaknya furnitur membuat gaya lesehan tepat untuk ukuran rumah yang sempit. Walaupun begitu, bukan hanya rumah berukuran kecil yang bisa mengadopsi gaya lesehan. Hampir semua tipe rumah bisa menerapkan gaya lesehan.

Namun, gaya ini lebih fungsional dan sesuai untuk rumah dengan tipe 21 atau rumah-rumah kecil. Tidak ada batasan untuk Anda yang ingin mengaplikasikan gaya lesehan pada hunian. Ambil contoh di ruang tamu. Anda hanya memerlukan satu meja pendek atau coffee table, alas duduk (bantalan), karpet, atau tikar.Begitu juga di ruang keluarga.Anda boleh menggunakan parket kayu, lalu ditutupi dengan karpet yang nyaman. Tambahkan bantal-bantal sesuai keinginan Anda, bisa bantal kecil atau yang besar. Karena ruangan ini berfungsi sebagai ruang santai bersama keluarga, Anda boleh meletakkan pesawat televisi yang disejajarkan dengan jarak pandang mata ketika lesehan.

Di kamar tidur anak pun gaya lesehan bisa diaplikasikan. Letakkan kasur yang telah dialasi karpet yang tebal dan empuk agar si kecil tidak merasakan hawa dingin yang berasal dari lantai.Selain ruangannya terasa lebih lega dan rapi, gaya ini juga lebih aman karena dapat meminimalkan risiko si anak terluka karena jatuh dari tempat tidur. Memang gaya lesehan bisa diterapkan di hampir semua ruangan karena gaya ini memiliki fleksibilitas yang tinggi. Misalnya pada siang hari sebuah ruangan yang tadinya berfungsi sebagai ruang keluarga, pada malam hari bisa disulap menjadi ruangan untuk istirahat atau tidur.

Satrio menuturkan, banyak keunggulan yang menjadi nilai jual gaya lesehan.Di antaranya simpel, terkesan ringan, dan fleksibel karena sewaktuwaktu fungsi sebuah ruang bisa diubah sesuai keinginan. Selain itu, gaya ini tidak membutuhkan cost yang terlalu besar sehingga dapat menciptakan kesan sederhana.

"Kesan yang didapat dari gaya ini lebih ke kesederhanaan, tapi bisa juga dibuat yang bagus dan menarik supaya tidak monoton, tidak terkesan terlalu biasa, semua itu bergantung pada pengelolaan interiornya," ujar Satrio.

Wah, ternyata tidak sedikit sisi positif yang bisa didapat dari gaya lesehan. Namun, tetap saja gaya ini memiliki kekurangan walaupun hanya sedikit. Adapun yang membuat gaya lesehan memiliki kekurangan adalah ketika ruangannya dijadikan multifungsi.

"Kita tidak bisa mengaturnya dengan pasti.Misalkan karena ada salah seorang anggota keluarga yang ingin ruangan itu menjadi ruang tamu dan ada anggota keluarga lain yang menginginkan ruangan tersebut menjadi ruang istirahat," sebut Satrio. "Atau pada saat kita menerima tamu, karena gaya lesehan tidak bersekat, jadi kegiatan yang sedang dilakukan di ruang keluarga dapat terlihat dari ruang tamu," katanya.



Sumber : www.property.okezone.com/pesona-lesehan

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar