Senin, 12 Maret 2012

Plus Minus-nya Penggunaan Panel Surya

detail berita
Solar panel (foto: ist.)
JAKARTA - Sistem produksi listrik dengan memanfaatkan tenaga surya merupakan sistem alami yang cukup populer saat ini. Namun, di sisi lain penggunaan solar panel tergolong masih mahal untuk digunakan pada skala kecil seperti rumah tinggal. Kebanyakan, memanfaatkan sistem ini untuk investasi masa depan, karena akan menghemat biaya listrik dan turut melestarikan sumber daya alam seperti minyak bumi dan batubara.

Untuk itu, bagi Anda yang berniat menggunakan panel surya, ada baiknya mengetahui sisi kelebihan dan kekurangan dari sumber energi terbarukan ini. Berikut penjabarannya yang dikutip dari laman Earth911, Senin (12/3/2012).

Kelebihan panel surya, antara lain:


1. Tidak Menyebabkan Polusi. Tenaga surya tidak melepaskan karbon dioksida, sulfur dioksida, nitrogen oksida atau merkuri ke atmosfir. Tidak membakar bahan bakar dan tidak menghasilkan emisi.
2. Menghemat Biaya. Meski mahal, namun untuk setelah investasi awal, Anda akan menggunakan lebih sedikit energi, tagihan listrik Anda akan jauh lebih rendah dan sering kali tidak akan ada pengeluaran sama sekali.
3. Mengurangi Konsumsi. Karena tidak memerlukan bahan bakar, Anda akan menghemat uang biaya bensin.
4. Bebas Perawatan. Produsen menawarkan jaminan hingga 20 tahun dan lebih.
5. Simpanan Energi. Anda dapat membangun sebuah simpanan energi jika sistem surya Anda menghasilkan energi lebih dari yang Anda gunakan
6. Ini Berkelanjutan dan dapat diperbarui
Bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak dan gas alam tidak terbarukan dan akan terus berkurang. Namun, energi matahari tidak akan pernah habis.
7. Tidak Bising. Panel surya tergolong sistem yang tidak menimbulkan kebisingan dan tidak memiliki bagian yang bergerak-gerak (diam).

Kekurangan panel surya:

1. Terbilang Mahal. Kurangan utama adalah harga. Panel dan instalasinya memiliki biaya awal yang tinggi.
2. Variabilitas Iklim. Meskipun panel surya dapat digunakan di berbagai iklim, namun jumlah waktu munculnya matahari akan menentukan jumlah panel yang Anda perlukan dan watt yang dihasilkan.
3. Estetika. Penggunaan panel surya mau tidak mau mengambil sedikit ruang atap rumah atau bangunan. Hal ini otomatis sedikit mengganggu keindahan arsitekturnya.
4. Tidak 24 Jam. Panel surya hanya akan berfungsi ketika matahari bersinar. Pada malam hari Anda akan harus bergantung pada energi yang tersimpan atau dari sumber lain.


Sumber : www.property.okezone.com/plus-minus-nya-penggunaan-panel-surya

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar