Senin, 09 April 2012

Furnitur Futuristik dari Limbah Elektronik

detail berita
Mesin 3D Pembuat furnitur (foto: inhabitat)
MILAN - Desainer interior Dirk Vander Kooij mengangkat lini baru furnitur rancangannya yang diberi nama " The Endless". Keunggulan hasil karya Vander Kooij tersebut tentu saja karena furnitur buatannya berbahan limbah elektronik (e-waste) yang telah di daur ulang.

Seperti dilansir Inhabitat, Jumat (6/4/2012), sebuah terobosan baru dalam desain interior yang sekaligus merupakan upaya pelestarian lingkungan ini akan menjadi salah satu bagian dalam pameran produk yang bertajuk The Future in The Making, yang merupakan salah satu rangkaian acara Milan Design Week 2012.

Vander Koooij membuat barang yang disebutnya sebagai produk robot industri tua hasil daur ulang barang-barang elektronik rusak menjadi perabotan, seperti meja dan kursi dalam berbagai bentuk yang sangat modern dan fungsional.

Dalam menciptakan furnitur karyanya, desainer ini menggunakan plastik dari lemari es usang yang dipadatkan, kemudian dibuat menjadi lapisan-lapisan yang saling menempel rapat dan dibuat dalam bentukan-bentukan seperti meja ataupun kursi. Selain itu, yang juga menarik perhatian adalah barang-barang tersebut tidak memiliki pinggiran atau ujung yang tajam.

Dia juga menggunakan mesin dengan program 3D dimensi rendah yang dapat mencetak furnitur dalam waktu tiga jam saja. Teknologi ini juga memungkinkan para desainer untuk memodifikasi model perabot yang telah diproduksi. Mesin ini pun dapat diprogramkan untuk menciptakan mebel dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kecanggihan teknologi inilah yang tidak dimiliki pada sistem tradisional.

Sesuai konsep futuristik yang diusungnya, pemenang pertama dalam kompetisi desain Dutch Design Award 2011 ini memiliki misi ke depannya, akan semakin banyak barang yang diciptakan dengan memanfaatkan limbah-limbah elektronik yang jumlahnya kian banyak di seluruh penjuru dunia. Untuk itu, Vande Kooij juga yang saat ini masih berfokus pada material sintetis, akan mencoba varian bahan dan material lainnya.


Sumber : www.property.okezone.com/furnitur-futuristik-dari-limbah-elektronik

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar