Rabu, 04 April 2012

Hunian Tampil Hangat dengan Veneer

detail berita
Aplikasi veneer pada ruangan (foto: veneerindonesia.com)
DALAM menata interior, banyak hal bisa dilakukan untuk membuat tampilannya lebih indah. Salah satunya lewat pengolahan elemen dinding dan pemilihan furnitur. Jika Anda ingin menciptakan suasana hangat dan alami, elemen kayu masih menjadi pilihan yang diunggulkan.

Material kayu dipilih karena bersifat lebih fleksibel dan mudah diolah menjadi aneka furnitur yang dibutuhkan. Kayu bisa juga berfungsi sebagai bahan konstruksi, atau bahan baku dalam elemen interior, semisal pelapis dinding, plafon, penutup lantai, furnitur, dan aneka aksesori.

Tekstur dan gurat-gurat kayu memberikan karakter dan keindahan dalam sebuah interior. Idealnya, karakter tersebut dihasilkan dalam wujud aslinya, seperti kayu solid. Namun, saat ini jenis kayu yang berkualitas semakin berkurang. Meski demikian, Anda tetap bisa menghadirkan nuansa alami di rumah dengan mengaplikasikan veneer yang biasa digunakan untuk melapisi furnitur atau elemen interior lain.

Menurut arsitek Rizky Artando, veneer merupakan lembaran kayu tipis yang dihasilkan lewat proses irisan dan penyerutan gelondongan kayu atau balok. Biasanya ketebalannya sangat tipis,berkisar antara 0,25-0,75 milimeter (mm). Ukuran veneer yang tipis dapat diaplikasikan di bidang yang luas, lengkung, berkelok, bahkan mampu menjangkau bagian yang sulit.

Kualitas veneer ditentukan dari hasil proses produksinya yang baik. Bahan bakunya harus dipilih yang berasal dari kayu gelondongan dengan serat-serat kayu indah, misalnya oak, maple, kayu cherry, dan walnut. Untuk veneer logs dengan bahan yang berkualitas bisa dipilih dari bahan zebra wood, sapele, mahagony, santos, rosewood, dan masih banyak lagi. Masing-masing veneer memberi karakter dan warna berbeda, bergantung pada tekstur dan serat yang dihasilkannya.

"Untuk melihat veneer yang berkualitas bergantung pada jenis kayu yang digunakan dan cara pengolahannya. Sebab, terkadang dalam satu batang kayu, antara bagian tengah dan tepi memiliki guratan yang berbeda sehingga bisa memengaruhi kualitasnya," sebut Rizky.

Hal serupa dituturkan arsitek Wisnu Brata. Menurut dia, cara pengirisan dan bagian pohon yang diambil bakal menghasilkan potongan serat, variasi motif, dan karakteristik yang berbeda-beda. Makin unik dan langka pola, tekstur, dan warnanya, makin tinggi pula nilai kayu itu di pasaran.

Mengenai teknik pengolahan, biasanya bagian tepi dan tengahnya memiliki tekstur dan warna yang berbeda-beda.Veneer yang dihasilkan juga bergantung pada cara pengirisan batang dan bagian pohon yang diambil. "Ada beberapa cara pemotongan agar kayu untuk veneer yang dihasilkan bisa baik, yaitu quarter cutting, flat cutting, rift cutting, dan half-round. Sementara untuk bagian pohonnya diambil dari cabang, batang, dan akar," sebut Wisnu. Veneer lazim digunakan sebagai lapisan luar kayu atau MDF guna memperlihatkan tampilan serat kayu yang indah dan alami.

"Proses pemasangan veneer diawali dengan melakukan penyambungan lembaran-lembaran veneer yang nantinya dibentuk menjadi pola tertentu. Setelah itu, baru merekatkan veneer ke kayu atau MDF," papar Wisnu. Veneer selalu ditampilkan sebagai pelapis dinding pembatas di salah satu bagian ruangan. Selain itu sebagai pelapis furnitur seperti ambalan, lemari, atau bahkan bisa juga dijadikan penghias lemari dan meja di pantri.

Tampilan alami dari corak veneer bakal menjadikan bagian di ruangan semakin terlihat alami. Meski harga cenderung ekonomis, ditambah coraknya sangat alami, veneer tetap memiliki kelemahan, yaitu tidak tahan terhadap ruangan yang basah atau lembap.

"Berhubung veneer hanya direkatkan dengan lem khusus, otomatis bila sering terkena air atau ditaruh di ruang yang basah tidak akan tahan lama. Sebaiknya tempatkan furnitur berbahan veneer di area yang kering. Atau bila ingin ditempatkan di ruang basah, beri pembatas khusus agar tidak langsung terkena cipratannya," saran Wisnu.


Sumber : www.property.okezone.com/hunian-tampil-hangat-dengan-veneer

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar