Selasa, 17 April 2012

Market Properti di Indonesia Belum Berpotensi Bubble

detail berita
Ilustrasi (foto: property report)
JAKARTA - Pasar properti di Indonesia dinilai belum mengalami market bubble seiring dengan masih banyaknya permintaan sektor tersebut.

"Secara overall market properti di Indonesia belum bubble," kata Associate Director Research Advisory, Cushman and Wakefied, Arief Rajardjo kepada okezone saat ditemui di kantornya BEI Tower II, Jakarta Selasa (17/4/2012).

Dia mengatakan, dengan banyaknya permintaan yang masih banyak saat ini, terjadinya bubble di pasar properti tidak perlu ditakutkan. Namun ada hal lain yang patut juga diwaspadai, yaitu kondisi ekonomi Indonesia yang semakin baik, yang membuat para pengembang atau developer menggunakan kesempatan ini untuk membangun banyak bangunan seenaknya.

"Takutnya dengan kondisi ekonomi yang masih bagus seperti saat ini, developer menggunakan kesempatan seperti saat ini untuk membangun seenaknya, mumpung timmingnya tepat," akunya.

Meskipun begitu, dia menilai juga kondisi saat ini berbeda jauh dengan kondisi yang terjadi sekira 1997 silam. Saat ini, banyak pengembang yang melakukan pembangunan yang tidak melihat situasi yang ada.

"Sekarang developer lebih melihat, bener nggak sih saya meluncurkan tower terus langsung terserap? Jadi mereka membangun masih bertahap, yang kita perhatikan pemain properti di Indonesia beda dengan dulu, lebih hati-hati," tuturnya.

Selain itu, pembiayaan dari perbankan yang tidak mudah diperoleh juga menjadi salah satu faktor bagi developer untuk lebih mempertimbangkan hal tersebut.

"Constraction loan dari bank lebih susah. Kalau dulu kan bangun apa aja, dalam jumlah yang banyak dapat pinjaman mudah. Sekarang lebih sulit karena bank lebih jaga sektor properti. Dan juga dengan makin banyaknya supply yang masuk mereka makin kompetitif," tandasnya.


sumber : www.property.okezone.com/r/market-properti-di-indonesia-belum-berpotensi-bubble

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!





rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa rumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewarumah dijual, rumah disewa, apartemen dijual ,apartemen disewa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar