Selasa, 04 Mei 2010

Terpikat Plafon yang Tepat

Banyak orang terbiasa untuk melihat ke sekeliling ruangan begitu pertama kali memasukinya. Pandangan ini biasanya hanya sebatas mata sehingga jarang sekali penglihatan menyapu ke arah langit-langit rumah.

Namun, apakah Anda menyadari, bahwa sebuah ruangan yang tampak sempit, mungil atau sejenisnya, disebabkan oleh penataan plafon yang salah? Padahal penutup atap rumah ini mempunyai tujuan yang sangat baik. Tidak lain dan tidak bukan yakni untuk menutupi rangka atap dan kabel listrik sehingga tampak rapi serta mencegah turunnya debu, kotoran atau tetesan air hujan dari atap.

-  Dilihat dari bentuknya, plafon ini ada yang diaplikasikan secara mendatar (standar), miring (mengikuti kemiringan rangka atap) atau melengkung (seperti kubah).


-  Jangan lupa, sesuaikan bentuk yang Anda inginkan dengan materialnya. Pilihan bahan si penutup langit ini beragam, mulai dari multipleks, kayu, gipsum, kaca, bambu, kain, fiber hingga wallpaper.
 
-  Untuk mendapatkan plafon yang tepat dengan ruangan, ukuran ketinggiannya mulai dari 2,8 meter – 3,8 meter. Sebenarnya, patokan ini tidak baku. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan sehingga ruangan terasa nyaman.


Menegaskan Ruangan
Seringkali, ruangan yang besar kini dibagi menjadi dua, dengan alasan untuk memaksimalkan area, memudahkan akses, dll. Jika Anda pintar menatanya, pasti akan tetap merasa nyaman dan betah didalamnya.

Nah, salah satu cara untuk mendukung pembagian ruangan ini bisa dengan menggunakan plafon. Dalam sebuah area, bisa digunakan dua macam plafon yang berbeda. Misalnya pada ruang tamu, Anda gunakan up ceiling dan pada ruang sebelahnya, ruang makan ditutup dengan drop ceiling.

-  Untuk kesan ruangan yang lebih tinggi, gunakan up ceiling. Ruang yang tersisa di antara langit-langit ini bisa Anda isi dengan frame ukir-ukiran atau lampu neon.


-  Untuk mendapatkan ruangan yang lebih hangat dan terang, gunakan drop ceiling. Anda bisa menambahkan down lamp supaya plafon ini bisa jadi pendukung penerangan di ruang makan tersebut.
Aplikasi drop ceiling ini bisa juga ditempatkan di dapur, ruang kerja, atau ruang lainnya yang membutuhkan cukup penerangan.

-  Gunakan plafon dengan warna terang agar ruangan terkesan lebih lega. Jika Anda ingin menghadirkan aura tertentu, bisa memakai warna-warna gelap. Namun, area ini akan tampak lebih rendah dan gelap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar