Rabu, 21 April 2010

Berburu Untung di Pantai Indah Kapuk

Kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, dulu punya catatan bertinta emas buat investor properti perorangan. Betapa tidak, kira-kira tahun 2006 sampai 2009, harga properti di sana meroket tajam. Tak tanggung-tanggung, dalam waktu tiga tahun, harga tersebut bisa naik 100%.

Principal LJ Hooker Pantai Indah Kapuk, Suryanto Salim, memberikan contoh tentang itu. Tiga tahun lalu, unit ruko (rumah toko) menghadap jalan yang terletak di Kompleks Rukan Eksklusif dibeli dengan harga perdana Rp 1,5 miliar. “Tiga tahun setelah itu, harga jual ruko tersebut menjadi Rp 2,8 miliar sampai Rp 3 miliar,” kata bendahara Dewan Pimpinan Daerah Arebi (Asosiasi Real Estate Broker) DKI Jakarta ini.

Maka, mereka yang saat itu dengan harga perdana tentu mendapat untung berlipat bila menjual kembali properti tersebut. Bila tahun-tahun sebelumnya unit ruko tersebut tersewa, tentu keuntungan tersebut kian bertambah. Oh ya, loncatan drastis itu tak lepas dari kiprah pengembang kawasan untuk mengintensifkan pengembangan.

Kini, harga properti di Pantai Indah Kapuk bisa dikatakan sudah di titik optimal. Sementara ini, kenaikan tajam tersebut tinggal kenangan--itu setidaknya dalam telaah Suryanto.

Ia menjelaskan, karena sudah di titik optimal, sulit membayangkan bahwa harga jual properti bisa terus naik. Misalnya, harga unit ruko yang sudah di angka Rp 3 miliar, sulit dibayangkan menanjak ke Rp 5 miliar dalam waktu relatif singkat. “Memang, untuk mendapatkan kenaikan harga yang spektakuler, investor properti perlu mengincar momentum yang tepat. Kalau investor membeli saat harga masih rendah dan pengembang sedang intensif bergerak, tentu bisa untung besar,” kata Suryanto.

Lalu apakah ini berarti, Anda yang ingin berinvestasi di kawasan tepi pantai yang berfasilitas lengkap itu tak punya peluang? Peluang tak tertutup rapat karena pengembangan kawasan itu masih terus berlangsung. Salah satu mal misalnya, segera dibangun oleh pengembang, juga hotel berbintang enam. Beberapa pusat pelayanan kesehatan berkelas internasional pun sedang dibangun, siap mendampingi Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk yang telah beroperasi.



Mari kita simak lagi ulasan dari Suryanto. Ia menambahkan bahwa kini kenaikan harga jual properti sebesar 10% per tahun bisa diperoleh di Pantai Indah Kapuk.

Nah, properti apa yang sekarang sebaiknya dibeli untuk angka 10% itu? Mari kita ikuti petunjuk-petunjuk dari Suryanto.

1. Disarankan untuk menjadikan unit ruko sebagai instrumen investasi. Karena unit ruko lebih cepat naik harga, akan lebih mudah juga disewakan. Yield sewa unit ruko di Pantai Indah Kapuk secara rata-rata ada di angka 5%-6% dari harga jual.

Bayangkan bila Anda membeli unit ruko baru yang kini dibanderol pengembang di angka sekitar Rp 3 miliar. Per tahun, Anda bisa menyewakan properti tersebut senilai Rp 150 juta. Dan dari kenaikan harga jual 10% per tahun, Anda bisa menangguk untung lagi.

Hanya kenaikan tersebut bisa didapat kalau Anda mendapatkan unit ruko di lokasi emas/strategis.

Oh ya, Anda mungkin perlu upaya ekstra untuk menemukan unit ruko berlokasi strategis. Maklum pasokannya sangat terbatas. Di Kompleks Rukan Eksklusif, contohnya, unit yang menghadap jalan sudah tidak ada stok lagi.

2. Kalau mencari instrumen investasi yang pasokannya lebih berlimpah, Anda bisa mencoba rumah sekunder. Per tahun, kenaikan harga properti tersebut juga bisa mencapai 10%.

Hanya, yield sewa rumah sekunder lebih rendah ketimbang unit ruko. Per tahun, yield tersebut di angka 3% sampai 4%. Sekadar contoh, rumah berluas kaveling 815 m² di Bukit Golf Mediterania yang dulu dibeli Rp 1 miliar, bisa disewakan senilai Rp 35 juta per tahun.

3. Alternatif lain untuk investasi properti di Pantai Indah Kapuk adalah kaveling. Per tahun, kenaikan harga 10%-an masih bisa diharapkan oleh investor.

Hanya saja, mencari kaveling dengan harga pasar sekarang terbilang sulit. Yang lebih mudah dicari adalah kaveling yang kini dipasarkan pengembang dengan harga lebih mahal yaitu Rp 10 juta per m².

Walau begitu, kalau berminat, Anda bisa saja membeli kaveling dengan harga Rp 10 juta per m² itu. Sebab, kalau Pantai Indah Kapuk terus dikembangkan dengan intensif oleh pengembang, sudah tentu harga kaveling tersebut bakal naik.

Achmad Adhito

Foto: Achmad Adhito

Sumber : http://www.propertykita.com/read/articles/320/Berita/Berburu-Untung-di-Pantai-Indah-Kapuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar