Rabu, 11 Agustus 2010

Mudahnya Menjual Property Secara Online

Sekarang ini dunia internet udah semakin melekat dalam kehidupan sehari-hari. Manfaatnya makin terasa sebagai media yang dapat memberikan informasi apapun kapan dan dimana saja. Saat ini siapa yang nggak tau Facebook sebagai situs pertemanan? Atau twitter sebagai situs informasi atau biasa disebut mikroblog? Dari kedua situs tersebut banyak sekali manfaat yang bisa di dapat. Facebook sebagai situs pertemanan kini kehadirannya nggak hanya sebatas menghubungkan kita dengan teman-teman saja. Namun bisa digunakan sebagai pembentuk berbagai macam komunitas. Fans Page atau Groups yang biasa digunakan komunitas tertentu dalam berbagi informasi. Kalau twitter, saya termasuk pengguna situs mikroblog ini, selain bisa berbagi informasi dengan sesama. Dari situs inilah biasanya saya mendapatkan berbagai macam informasi yang update. Info yang tersebar melalui twitter sangat cepat bahkan melebihi kecepatan media elektronik atau cetak sekalipun.

Karena media daring ini sangat luas dan tidak terbatas, apapun bisa di lakukan melalui media ini. Untuk menarsiskan diri ada situs www.youtube.com yang baru saja melahirkan ”bintang” instant Jojo dan Sinta dengan keong racunnya :-D. Ada juga situs jual beli seperti www.juale.com asuhan nukman luthfie (salah satu buzzer didunia daring). Dan ada juga situs khusus informasi seputar property, www.propertykita.com salah satu situs jual/beli/sewa property. Secara usaha yang saya kerjakan dibidang property, situs ini sangat membantu saya dalam mendapatkan berita terkini mengenai dunia property dan tentunya mempromosikan produk property saya:-D.

Sebelum dunia internet menjamur seperti sekarang, saya terbiasa mempromosikan atau mengiklankan property yang saya jual ini di media cetak. Tentu ada perbedaan antara media cetak yang terbitnya berkala (harian/mingguan/bulanan), dengan media online yang bisa kapan saja, tidak ada jadwal khusus dan begitu diupload apa yang kita promosikan bisa dilihat seluruh dunia yang memiliki akses internet.

Menurut survey yang dilakukan Synovate dan Detik.com pada tahun 2008 menunjukkan, 44% pengguna internet di kota-kota besar mengakses internet setiap hari, dan 77% diantaranya yang akses setiap hari tersebut menghabiskan waktu lebih dari dua jam. Sedangkan survei SPS dan LP3ES menyebutkan rata-rata membaca koran orang di Indonesia per hari berkisar 34 menit. Perbedaan yang jelas nyata bukan??? :-D. Dapat dikatakan ruang pertumbuhan bisnis media cetak semakin terbatas karena kehadiran internet.

Keuntungan lain dari berpromosi di media online adalah kecepatan dan secara bersamaan untuk khalayak yang luas dan target itu menyediakan alat-alat yang melekat untuk pelacakan data tentang kelompok sasaran iklan dan efektifitas secara keseluruhan. Selain itu terjangkau dari anggaran pemasaran yang dibutuhkan untuk cetak dan media lainnya.

Dari pengalaman tersebutlah kini saya selalu mempromosikan property yang saya jual melalui media online. Waktu lebih fleksibel dalam memposting iklan, tinggal siapkan spesifikasi data property yang akan dipromosikan, upload beserta foto produk propertynya dan tinggal klik publish maka property yang diiklankan akan segera tayang secara online dan dapat di akses pengguna internet dimanapun dan kapanpun tanpa ada batas ruang dan waktu :-D. Target pemasaran lebih efektif, dan respon yang didapat pun langsung bisa dirasakan manfaatnya. Tanpa perlu memikirkan biaya cetak dan lainnya sangat membantu memperkecil anggaran promosi property bukan?? :-D

Mudah dan sangat menguntungkan tentunya beriklan atau berpromosi melalui dunia online. Dengan memperkecil anggaran promosi namun dengan respon dan keuntungan besar siapa pula yang nggak mau mencoba ??? :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar