Selasa, 21 Februari 2012

Konsep Eco-green Harmoni Hunian dengan Alam

detail berita
Foto: Rumah ramah lingkungan/ viahouse.com
BARON dan Zeby membangun hunian mereka sedemikian rupa agar lebih dekat dengan alam. Buat Zeby, rumah adalah tempat berteduh yang banyak menghadirkan ketenangan, sedangkan alam merupakan salah satu media penghubung yang baik dengan Maha Pencipta.

Dengan menciptakan hunian yang menyatu dengan alam, kata Zeby, kita bisa belajar untuk lebih bersyukur. "Ada lima dasar dalam menciptakan rumah berkonsep eco green, yaitu smart design, eco material, energy efficiency, water conservation, dan healthy environment," sebut Zeby.

Smart design adalah cara untuk memaksimalkan fungsi ruang yang ada sehingga si pemilik rumah bisa lebih less material dan less energy. "Rumah saya sangat menerapkan konsep smart design. Contohnya dengan memanfaatkan ruang yang ada di bawah tangga sebagai ruang penyimpanan sepatu atau lemari TV dan gudang mini," kata Zeby.

Bukan hanya smart design, Zeby juga menerapkan konsep eco material dalam pengaturan furnitur di dalam rumahnya. "Sebisa mungkin, untuk memberi keteduhan, ada baiknya menggunakan material eco friendly yang reuseable, recyclable, dan renewable. Seperti yang diterapkan di rumah saya, lantainya menggunakan marmer bekas dari rumah orangtua di Bandung, kusen pintu dan jendela juga," paparnya.

Zeby pun mengutamakan penghematan energi untuk mengurangi dampak pemanasan global. "Saya membuat desain rumah dengan banyak pintu dan jendela untuk memasukkan cahaya serta menciptakan sirkulasi udara yang lebih optimal," tandasnya.

Konsep lain yang ada di rumah Zeby-Baron adalah water conservation dan healthy environment. "Sekecil apa pun rumah yang sehat, penghijauan merupakan esensi utama untuk oksigen dan menyegarkan mata. Contohnya di rumah kami, dengan menanam tanaman rambat dan rerumputan bisa menambah asri halaman," pungkasnya.


Sumber : www.property.okezone.com/konsep-eco-green-harmoni-hunian-dengan-alam

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar