Jumat, 24 Februari 2012

Margonda, Kavling Paling Mahal Di Depok

detail berita
Foto: Jalan Margonda/ panoramio.com
JAKARTA - Geliat properti di Kota Depok, Jawa Barat, perlahan makin meningkat dengan ditandai oleh menjamurnya pembangunan proeprti di sektor komersial dan residensial.

Melajunya dunia properti di Depok juga diiringi melajunya harga properti itu sendiri. Saat ini, harga kavling tertinggi di Kota Depok mencapai Rp 13 juta per meter persegi.

"Ini harga untuk kavling di tepi Jalan Margonda," ungkap Principal Indohouse Depok, Farrid, seperti yang disitat dari situs komunitas Depoklik, Kamis (23/2/2012).

Farrid menjelaskan, di Jalan Margonda, harga penawaran dari pemilik properti memang bervariasi. Ada yang menawarkan harga jual kavling sebesar Rp16 juta per meter persegi, dan ada pula yang pasang harga di Rp8 juta sampai Rp10 juta per meter persegi .

"Walau ada yang pasang harga tinggi, bisa dikatakan bahwa harga tertinggi yang wajar adalah Rp 13 juta per meter persegi," kata Farrid.

Dia melanjutkan, dulu harga kavling di Cinere kenaikannya lebih cepat daripada di Jalan Margonda. Namun, sejak Jalan Margonda ditetapkan sebagai area pusat bisnis, keadaan yang sebaliknya terjadi.

Farrid mengatakan, pertumbuhan harga kavling di Depok ditentukan oleh lokasinya. "Di lokasi primer seperti Jalan Margonda, harga kavling naik 20%-an per tahun bahkan bisa lebih. Kalau di lokasi biasa, kenaikannya di kisaran 10 persen per tahun. Di lokasi tertentu yang infrastruktur jalan sudah sulit ditambah, harga kavling bisa stagnan," pungkasnya.

Setelah Jalan Margonda, harga kavling tertinggi bisa ditemui di kawasan Depok II. Menurut Principal Indohouse Depok, Farrid, harga kavling di Depok II berkisar Rp2,5 juta sampai Rp3 juta per meter persegi untuk kavling di tepi jalan.

"Termahal selanjutnya adalah kawasan Jalan Siliwangi dan sekitarnya. Di Jalan Siliwangi yang menembus ke Depok II, harga  jual kavling berkisar Rp2,5 juta sampai Rp3 juta," ujar Farrid.

Namun, lanjutnya, kadang-kadang ada yang pasang harga Rp5 juta. "Tapi, untuk harga kavling wajarnya ya sekitar Rp2,5 juta sampai Rp3 juta tersebut," tandas Farrid.

Untuk kawasan yang jauh dari pusat kota seperti Cinere, harga tertinggi kavling di angka Rp 5 juta per persegi. Ini untuk lokasi yang dekat dengan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Sementara, untuk lokasi di Meruyung dan Limo, harga itu masih di kisaran Rp1,5 juta sampai Rp2 juta. "Untuk Sawangan, harga kavling lebih murah. Tertinggi di angka Rp1,5 juta," jelasnya.


Sumber : www.property.okezone.com/margonda-kavling-paling-mahal-di-depok

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar