Rabu, 29 Februari 2012

Pilih Ranjang Ideal untuk Anak

detail berita
Foto: Ranjang bayi/ nicecliparts.com
MEMILIH tempat tidur untuk anak tidak semudah memilih tempat tidur untuk orang dewasa. Pasalnya, ranjang orang dewasa memiliki lebih banyak variasi dibandingkan ranjang untuk si kecil.

Tempat tidur sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi agar tercipta kenyamanan saat buah hati Anda terlelap. Tempat tidur merupakan kebutuhan kedua yang harus dipenuhi untuk si kecil, setelah mendekorasi kamar tidurnya.

Menurut desainer interior Ade Lesmana, orang dewasa memiliki lebih banyak variasi tempat tidur dibandingkan anak-anak. Dari segi model dan pemilihan kasur, ranjang untuk anak-anak masih terlalu umum, seperti gambar tokoh kartun atau yang berbentuk mobil.

"Bila melihat di toko furnitur, tempat tidur untuk anak selalu ditampilkan model kartun atau dalam bentuk mainannya. Model tersebut memang terlihat lucu ketika anak masih kecil. Tapi, penggunaannya tidak bisa bertahan lama sampai si anak tumbuh dewasa," kata Ade.

Jika orang dewasa memiliki banyak pilihan dari segi material seperti besi metal, kayu, sampai vinyl, lain halnya dengan tempat tidur anak. Anda harus cermat memilih material yang bakal digunakan untuk menyokong tubuh anak yang mungil.

Salah satu material yang direkomendasikan adalah kayu. "Kayu merupakan material yang paling aman digunakan untuk tempat tidur si buah hati. Namun, Anda jangan sembarangan memilih bahan kayu. Jenis kayu jati dan oak merupakan bahan yang aman untuk ranjang mereka," sebut Ade.

Faktor keamanan dan kenyamanan harus benar-benar diperhatikan saat Anda hendak memilih ranjang untuk si kecil. Bagi anak usia di bawah tiga tahun, biasanya orangtua yang harus memilihkan tempat tidurnya. Hanya, saat buah hati Anda sudah bisa diajak berkomunikasi, ada baiknya Anda dan anak berdiskusi untuk memilih tempat tidur yang diinginkan olehnya. Ketika anak masih bayi, pasti yang terbersit di dalam benak Anda adalah menggunakan boks bayi dengan beragam pernak-pernik lucu.

Namun, model tersebut hanya akan bertahan beberapa tahun saja, saat bayi Anda tumbuh menjadi balita, tentu saja boks yang dibutuhkan semakin besar lagi. Apalagi semakin dia tumbuh, buah hati Anda akan semakin aktif. Pasti kebutuhan akan tempat tidur yang kecil sangat tidak memadai dan menjadi rentan untuk dirinya.

Namun, apapun bentuk dan model tempat tidur si kecil, hal yang paling penting adalah memilih kasur yang tepat untuk kenyamanan tidurnya.

"Tubuh mungil anak sangat membutuhkan dukungan yang terbaik, termasuk kebutuhan tidurnya. Karenanya, kebutuhan akan kasur menjadi pelengkap yang harus diperhatikan untuk membuat si kecil dapat tidur dengan baik," ungkap Ade.

Salah seorang pemilik toko furnitur, Elizabeth menyatakan, mencari kasur dan tempat tidur yang berkualitas bisa dengan cara memilih berdasarkan merek yang sudah memiliki nama.

Memang harganya sangat tinggi, tapi demi kenyamanan anak, hal tersebut patut lebih diutamakan. Bila ukuran kamar anak Anda tidak terlalu luas, ada baiknya memilih jenis tempat tidur single.

Hanya, kembali lagi, sebaiknya ajak buah hati Anda untuk memilih sendiri model tempat tidur yang diinginkan supaya dia merasa senang saat beristirahat di dalamnya.


Sumber : www.property.okezone.com/pilih-ranjang-ideal-untuk-anak

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar