Kamis, 09 Februari 2012

Menpera "Melunak", Suku Bunga di Kisaran 7 Persen



JAKARTA,Keteguhan yang diperlihatkan oleh Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz tampaknya luntur. Jika awalnya Menpera meminta perbankan penyalur subsidi rumah murah menetapkan suku bunga pada kisaran 5 sampai 6 persen, kini angka tersebut "melunak" pada kisaran 7 persen.

"Pak Menteri menyampaikan kebijakan penurunan suku bunga KPR FLPP menjadi sekitar 7 persen. Tapi, mengenai skema pembiayaan, beliau masih menginginkan skema 50 pemerintah dan 50 perbankan," kata Deputi Bidang Pembiayaan Kemenpera, Sri Hartoyo, seusai rapat dengar pendapat di Komisi XI DPR, Rabu (8/2/2012).

Sri menuturkan, berdasarkan perhitungan yang dilakukan Kemenpera, adanya penurunan porsi dana FLPP tersebut akan meningkatkan pembiayaan KPR sejahtera sebesar 20 persen, yaitu dari 182.900 unit menjadi 219.500 unit. Dengan asumsi harga rumah Rp 70 juta, uang muka 10 persen, dan pokok KPR Rp 63 juta. Alhasil, dana FLPP yang diperlukan untuk per unit KPR turun dari Rp 37,8 juta menjadi Rp 31,5 juta.

"Ini akan meningkatkan kemampuan masyarakat sebesar 10 persen. Apalagi, kebutuhan dana FLPP berdasarkan sasaran RPJMN 2010-2014 masih sangat besar," ujarnya.

Selain menurunkan suku bunga KPR FLPP dan porsi dananya, Sri menambahkan, Kemenpera juga tengah menyiapkan sejumlah terobosan kebijakan baru agar jumlah masyarakat yang memanfaatkan KPR FLPP menjadi lebih banyak lagi. Seperti meringankan biaya KPR, lanjut dia, maka biaya asuransi kebakaran dan asuransi jiwa sudah termasuk dalam komponen penjaminan atau asuransi KPR.

Sri menambahkan, beberapa kebijakan pendukung yang sedang dilaksanakan saat ini, antara lain, pembebasan biaya sertifikasi tanah, perizinan yang meliputi SIPPT dan IMB, pajak pertambahan nilai (PPN), penyambungan listrik, gambar instalasi listrik, dan penyambungan air minum. Selain itu, Kemenpera juga akan memberikan bantuan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) berupa jalan lingkungan, drainase, jaringan air minum, jaringan listrik, persampahan, dan air limbah.

"Bantuan PSU juga akan dilaksanakan dengan sistem reimbursement sehingga akan membantu pengembang dalam pembangunan rumah masyarakat dan menurunkan harga jual rumah," ujarnya.


Sumber : www.properti.kompas.com/Menpera.Melunak.Suku.Bunga.di.Kisaran.7.Persen

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar