Selasa, 08 Mei 2012

Empat Rahasia Mempercantik Rumah



Tanpa disadari, rumah yang Anda tinggali saat ini semakin lama semakin berkembang. Bukan hanya fisik, tetapi juga anggota keluarga, juga furnitur, perabotan, aksesori, dan barang-barang interior lainnya juga bertambah.

Suasana penuh, sesak, dan tidak nyaman akan selalu Anda rasakan apabila tidak melakukan penataan ulang atau renovasi. Namun, membereskan "kehebohan" ruangan ini memang tidak semudah ketika mengisi rumah baru.

Setidaknya, ada empat langkah yang dapat membantu Anda merenovasi ruangan lebih indah, mudah, serta menghemat biaya. Simak berikut ini:

Menentukan fungsi

Pertama, cek kembali kebutuhan Anda mengenai ruangan yang hendak direnovasi, kemudian tentukan fungsinya. Penentuan fungsi sangat penting sebagai pertimbangan Anda sebelum dan saat hendak membuat desainnya. Misalnya, bila Anda akan merenovasi dapur sekaligus sebagai tempat makan, maka dalam desainnya berbeda dari dapur pada umumnya.

Jumlah penghuni

Langkah selanjutnya adalah mengecek ulang jumlah pengguna ruangan yang hendak direnovasi. Bertambahnya jumlah anggota keluarga otomatis akan menambah kebutuhan ruang di dalam rumah. Artinya, fungsi dalam ruangan juga ikut bertambah. Misalnya, ruang keluarga tadinya untuk menonton televisi, kini fungsinya bertambah sekaligus sebagai ruang bermain si kecil.

Penerapan gaya desain

Selanjutnya, jika fungsi dan kebutuhan pengguna ruangan sudah terpikirkan,  Anda kini bisa memikirkan gaya atau konsep yang tepat untuk ruangan. Memilih konsep desain adalah selera, misalnya minimalis, klasik, etnik, eklektik, dan modern.

Desain minimalis biasanya cocok bagi pencinta desain bersih dan minim ornamen. Sementara itu, gaya klasik sesuai jika Anda menyukai ruang lebih ramai dengan motif dan ornamen. Anda yang menyukai gaya tradisional tentu lebih cocok dengan gaya etnik.

Selain gaya-gaya tersebut, Anda juga bisa mengombinasikan berbagai gaya, mulai tekstur, warna, hingga ukuran.

Membuat "layout" ruangan

Setelah ketiga langkah tersebut di atas terpenuhi, Anda bisa mulai berkreasi dengan ruangan yang Anda miliki. Merancang interior rumah hanya dengan perkiraan pandangan mata tidak cukup. Buatlah layout ruangan dengan ukuran pasti. Dengan begitu, Anda tidak asal meletakkan, bahkan memindahkan perabotan.


Sumber : www.properti.kompas.com//Empat.Rahasia.Mempercantik.Rumah

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang asri aman nyaman dan siap huni..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar