Selasa, 22 Mei 2012

Cara Mengecat Dinding

detail berita
Ilustrasi (foto: fugoolive.com)
ANDA ingin mengecat dinding tanpa bantuan pekerja bangunan? Berikut tips untuk mengecat ulang dinding seperti dikutip dari Real Simple, Selasa (22/5/2012).

1. Bersihkan dinding
Gunakan spons cat berukuran besar dan larutan air yang dicampur dengan beberapa tetes cairan pencuci piring untuk membersihkan dinding. Pastikan dinding Anda telah bersih dari debu, kotoran, dan minyak.

2. Tempel masking tape
Gunakan masking tape berwarna biru untuk melindungi area yang tidak ingin Anda cat. Tempelkan tape di pinggiran dinding, gagang pintu, bingkai jendela, dan kusen pintu. Pasang tape persis di tepi luar bidang ini. (Tepi luar dari tape harus ditempel tepat di mana dinding bertemu dengan bagian tepi yang tidak ingin dicat.

3. Masukkan cat ke dalam wadah

Tuang cat hingga terisi ke bagian bawah wadah. Namun jangan tutupi bagian miring wadah.

4. Gulung cat dasar ke dinding
Celupkan kuas besar ke dalam larutan cat dasar. Gulung kuas bolak-balik di dalam wadah untuk menghapus setiap kelebihan dan mencegah cat menetes. Pastikan rol rata terlapisi cat. Kemudian roll dinding dari atas hingga bawah, hingga semua bagian tertutup dengan sempurna. Lanjutkan hingga seluruh dinding Anda tertutup cat. Anda bisa mengaplikasikan kembali cat dasar, sesuai kebutuhan.

Tip: Ikuti petunjuk masa kering dari produsen cat. Ini untuk memastikan cat dasar benar-benar kering.

5. Cat bagian tepi
Saat mengecat bagian tepi, gunakan kuas kecil. Celupkan kuas dengan ukuran dua inci ke dalam cat, pastikan hanya sepertiga bagian bulu kuas yang masuk. Cat bagian tepi dinding, terutama sisi luar tepi (bukan bagian dalam tepi). Cat dinding hingga dua atau tiga inci dari tape. Lanjutkan hingga Anda selesai melukis bagian sempit dari semua daerah yang dipasang tape.

6. Cat dinding dengan bentuk "W"
Isi wadah dengan cat; celupkan rol Anda ke dalamnya, dan tiriskan kelebihan cat. Gulung cat ke dinding menyerupai huruf  "W". Tanpa mengangkat kuas, isi bagian yang kosong hingga bagian dinding sepenuhnya tertutup. Lanjutkan, tambahkan cat sesuai kebutuhan, hingga seluruh dinding penuh dicat.

7. Lepaskan masking tape

Lepaskan tape saat cat masih basah. Kalau mencabut tape setelah mengering, dikhawatirkan akan menarik cat.

Sumber : www.property.okezone.com/cara-mengecat-dinding

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang asri aman nyaman dan siap huni..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar