Selasa, 29 Mei 2012

Empat Cara Alternatif Membasmi Lumut



Di daerah beriklim lembab lumut mudah sekali hidup. Seperti di dalam rumah, lumut paling sering ditemui di kamar mandi atau toilet. Akibatnya, kamar mandi menjadi lebih licin dan tak sedap dipandang.

Lantai kamar mandi yang licin karena lumut bisa membahayakan penggunanya. Sementara lumut pada dinding keramik kamar mandi membuat area ini lebih terlihat jorok dan kotor.

Untuk membersihkan lumut, biasanya Anda menggunakan cairan kimia berbentuk kemasan dan kemudian digosok sampai bersih. Kali ini, bagaimana bila Anda mempertimbangkan empat cara alternatif untuk bebas dari lumut seperti tersaji di bawah ini:

Bata merah

Ambil bata merah yang tidak terpakai, kemudian gosokkan pada lantai yang berlumut secara merata. Sesudahnya, bilas hasil gosokan tersebut dengan air. Lumut pada lantai akan ikut tergerus bersama bata merah sehingga lantai kembali bersih. Namun, sebaiknya ulangi pekerjaan tersebut setiap kali lumut tumbuh karena bata merah tidak menghentikan perkembangbiakan lumut.

Air aki

Siramlah lantai berlumut menggunakan air aki, kemudian diamkan selama satu malam. Karena memakai air aki, pastikan area tersebut bebas dari penggunaan atau aktivitas.

Setelah satu malam, lumut pada lantai atau dinding akan terlepas serta tidak lengket. Langkah selanjutnya tentu mudah, Anda tinggal menyikat hingga benar-benar bersih.

Kaporit

Ambil dan taburkan bubuk kaporit secara merata di seluruh permukaan lantai berlumut. Kemudian, diamkan selama kurang lebih satu jam sampai muncul buih-buih. Buih ini menandakan lumut sudah ikut terangkat karena pengaruh kaporit. Selanjutnya, siram lantai dengan air sampai bersih kemudian gosok dengan sabun.

Pemutih pakaian

Campurkan cairan pemutih pakaian dengan air biasa, perbandingan komposisinya 1:4, lalu aduk secara merata. Siramkan air campuran tersebut ke tempat yang berlumut. Sikat permukaan lantai dan dinding sampai bersih lalu bilaslah dengan air.

Selamat mencoba!


Sumber : www.properti.kompas.com/Empat.Cara.Alternatif.Membasmi.Lumut.

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang aman nyaman asri dan siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar