Selasa, 29 Mei 2012

"Door Bottom", Pengaman Rongga Bawah Pintu



Keberadaan pintu sebagai pelindung rumah dari benda asing yang masuk memang mutlak diperlukan. Benda asing sampai sebesar tubuh manusia cukup kerepotan apabila pintu dalam kondisi tertutup.

Namun, sebesar apapun kekuatan pintu bisa ditembus oleh serangga, debu, dan tampias air hujan, apabila pada bagian bawahnya terdapat rongga. Rongga ini harus ditutup jika tak memungkinkan memperbaiki ukuran pintu. Salah satu cara tidak merepotkan adalah dengan memasang door bottom.

Door bottom berupa sebilah besi panjang, sekitar 1 meter, dengan lapisan karet di bawahnya. Harga alat ini termasuk murah di pasaran dan mudah dalam pengaplikasiannya.

Tetapi, jika Anda berniat membuat sendiri pun sebetulnya tidak sulit. Anda cukup menyediakan kayu atau besi sepanjang pintu rumah dengan lebar sekitar 3 sentimeter. Lalu, tempelkan karet selebar 2 sentimeter pada permukaan bawah kayu atau besi tersebut. Namun, jangan lupa, Anda perlu membuat empat buah lubang untuk memasang sekrup dengan jarak masing-masing lebih kurang 20 sentimeter.

Untuk memasang door bottom, Anda perlu melengkapi peralatan satu buah mesin bor, perekat bolak balik, dan empat buah sekrup untuk memasangnya. Kemudian, sesuaikan door bottom dengan ukuran pintu.

Namun, jika ukurannya terlalu panjang, Anda bisa memotongnya dengan gergaji besi. Langkah selanjutnya adalah memasang perekat bolak-balik di sepanjang door bottom berbahan besi. Lalu, tempelkan door bottom di bagian bawah pintu dan pastikan agar karet menyentuh dasar pintu.

Setelah pemasangan sempurna, sehingga rongga pada pintu tak nampak lagi, Anda harus mengencangkan pemasangan ini menggunakan sekrup pada bagian bawah door bottom yang telah dilubangi dengan mesin bor. Kini, pintu Anda telah aman!

Selamat mencoba!



Sumber : www.properti.kompas.com/.Door.Bottom.Pengaman.Rongga.Bawah.Pintu

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang aman nyaman asri dan siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar