Rabu, 23 Mei 2012

Memadukan Warna dengan Bantuan Roda Warna



Dalam proses mendesain sebuah ruangan, Anda akan dihadapkan dengan tugas mengombinasikan atau memadukan warna. Apabila ingin pilihan aman, Anda bisa saja memadukan segala warna dengan hitam dan putih.

Namun, bila ingin menghadirkan kesan-kesan tertentu, paduan dengan hitam putih tak cukup. Anda pasti membutuhkan warna-warna lainnya. Nah, untuk membantu Anda membuat kombinasi warna tampil menarik,  Anda dapat menggunakan bantuan roda warna (color wheel)

Roda warna ini berlaku di seluruh dunia, serta digunakan orang untuk beragam kepentingan, seperti mendesain ruangan atau interior, halaman iklan, halaman website, kemasan produk, dan masih banyak lainnya.

Ada enam panduan kombinasi warna yang biasa digunakan orang. Untuk membantu pemahaman Anda, berikut ini paparannya:

Monokromatik


Monokromatik adalah panduan sebuah warna dengan warna turunannya. Warna turunan bisa warna lebih muda (ditambah putih) atau warna lebih tua (ditambah hitam). Dalam roda warna, panduan monokromatik berada dalam 1 kolom warna, ke arah atas atau ke arah bawah.

Analog

Warna analog adalah warna-warna yang pada roda warna bersebelahan (baik di kiri maupun kanan) dari warna apa pun. Paduan ini seringkali kita temukan di alam, misalnya daun, batang pohon, buah, sayuran, dan lainnya. Benda dengan warna analog akan terlihat lebih harmonis.

Komplementer

Warna komplementer adalah warna-warna yang pada roda warna berada berseberangan satu sama lain. Karena berseberangan, warna ini bersifat kontras serta terlihat menonjol. Warna komplementer biasanya digunakan untuk aksen.

Paduan tiga warna

Triad color atau paduan tiga warna adalah tiga warna yang membagi roda warna dalam tiga bagian secara proporsional. Posisinya bisa di mana saja. Warna ini baik digunakan apabila Anda menginginkan desain penuh warna secara seimbang. Misalnya memadukan warna merah, biru, dan kuning, atau violet, oranye, dan hijau.

Komplementer terpecah tunggal


Komplementer terpecah tunggal atau split complementary adalah sebuah warna dan warna komplementer dari warna analognya. Warna analog bisa berada di sisi kiri ataupun sisi kanan. Penggunaan warna ini akan menghasilkan tingkat kontras cukup tinggi, tetapi tidak se-ekstrem paduan komplementer sesungguhnya. Warna ini akan menghasilkan harmoni yang lebih baik ketimbang penggunaan komplementer langsung. Misalnya memadukan warna merah-kuning hijau-biru hijau.

Kompleks

Kompleks adalah paduan warna di luar dari lima jenis cara seperti tersebut di atas. Paduan ini lebih bersifat custom atau sesuai selera. Dari segi jumlah, warna yang digunakan juga bisa lebih dari tiga dan pola paduannya bersifat fleksibel.

Sumber : www.properti.kompas.com/Memadukan.Warna.dengan.Bantuan.Roda.Warna

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang asri aman nyaman dan siap huni..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar