Rabu, 01 Februari 2012

Agar Langit-langit Terasa Lebih Tinggi




Salah satu masalah yang kerap dijumpai dalam ruangan sempit adalah menciptakan kesan ruang yang lapang. Masalah ini dapat dijawab dengan menyiasati penggunaan plafon.

Plafon potensial disiasati dalam ruangan seperti ini, karena merupakan bidang antara atap dengan dinding dan lantai. Nah, untuk membuat ruangan tak tampak sumpek atau "menekan", berikut triknya.

1. Manfaatkan pengaruh cat. Caranya, cat permukaan dinding dengan warna terang sementara permukaan plafon dengan warna gelap. Cara ini akan menimbulkan kesan langit-langit yang lebih tinggi dan memanjang ke atas.

2. Masih memanfaatkan cat, kali ini terapkan teknik memberi ukuran batas atas pada permukaan dinding. Caranya, cat area batas atas dinding dan permukaan plafon dengan cat berwarna terang. Sementara itu, catlah batas bawah permukaan dinding dengan warna gelap. Cara ini membuat penglihatan kita menangkap kesan bahwa bidang plafon dimulai dari batas atas dinding yang dicat terang tersebut.

3. Terapkan teknik plafon yang dinaikkan (up ceiling). Cara ini ampuh untuk menciptakan langit-langit yang berkesan tinggi.

4. Terapkan kombinasi antara teknik plafon dinaikkan (up ceiling) dengan bantuan cat. Lakukan dengan sedikit modifikasi, yaitu menciptakan celah horizontal di bidang vertikal plafon. Catlah permukaan bidang plafon dengan warna terang agar langit-langit terasa semakin tinggi.

5. Lakukan teknik up ceiling modifikasiyang didukung tata cahaya. Taruh lampu di celah atas, pada sudut pertemuan antara garis sudut dinding dan garis sudut permukaan plafon. Arahkan sinar lampu ke permukaan plafon. Dengan begini, permukaan plafon terlihat lebih terang sehingga menciptakan kesan lebih tinggi dari sebenarnya.

6. Jika plafon Anda memiliki perbedaan ketinggian, sisakan sedikit celah antara sudut pertemuan plafon dan dinding. Manfaatkan celah itu untuk menaruh lampu, lalu arahkan sinarnya langsung ke bawah. Teknik pencahayaan langsung ini akan menciptakan plafon yang berkesan lebih tinggi daripada sebenarnya.

Sumber : www.properti.kompas.com/Agar.Langit-langit.Terasa.Lebih.Tinggi

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar