Rabu, 08 Februari 2012

Arsitektur Bandara Caticland Island Mirip Batu Koral

detail berita
Foto: Bandara Caticlan Island/ Architecturezine.com
JAKARTA - Caticlan Island, Philipina, akan segera memiliki bandara baru dengan desain ciamik besutan firma arsitektur Buensalido. Dengan desain ini maka Caticlan Island akan menjadi bandara dengan keunikkan tersendiri.

Pasalnya, bentuk atap mirip sekali dengan jaringan penampang batu koral yang berwarna-warni lengkap dengan rongga-rongga, sehingga terlihat unik jika dilihat dari angkasa.

Seperti yang dikutip dari laman Architecturezine, Selasa (7/2/2012), desain bertema futuristik tersebut memang diadopsi dari kontur Pulau Caticlan yang didominai oleh batuan koral dan karang.

Rongga-rongga di sepanjang atap bandara pun didesain sama dengan penampang koral sesungguhnya, yang dipercaya bisa membuat satu batu koral ataupun karang menjadi kokoh.

Dengan kata lain, perancang bandara tersebut ingin menerapkan struktur alam kepada struktur konstruksi bandara.

Tidak hanya itu, desainnya yang asimetris dan berongga, memiliki tujuan agar penggunaan cahaya matahari kala siang menjadi maksimal dan cenderung lebih hemat energi.

Begitu pula dengan fasad dinding yang rata-rata terbuat dari kaca sehingga sinar matahari bisa menerangi ruangan secara langsung.

Strukturnya yang melengkung juga akan memudahkan pendingin alami dengan memanfaatkan aliran udara. Belum lagi jika malam tiba, deretan lampu LED  berwarna-warni menghiasi bandara.


Sumber : www.property.okezone.com/arsitektur-bandara-caticland-island-mirip-batu-koral

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar