Senin, 06 Februari 2012

Garasi Tak Sekadar Tempat Parkir

detail berita
Garasi modern (Foto: homethelovely.com)
JAKARTA - Garasi dapat dijadikan salah satu elemen estetika dalam keseluruhan desain rumah. Fungsinya saat ini tidak hanya sebagai tempat menaruh kendaraan, juga gudang peralatan, bisnis dari rumah, hingga bermain musik.

Garasi bukan sekadar tempat memarkir mobil agar terlindung dari cuaca panas dan hujan. Kini, garasi juga berfungsi sebagai bagian dari fasad yang membuat tampilan rumah semakin menarik dan keren. Desain garasi terus berkembang dan semakin bervariasi. Modelnya terus mengikuti perkembangan bentuk rumah yang tren saat ini.

Menurut National Association of Home Builders (NAHB), selama 90 tahun terakhir, garasi telah menjadi bagian penting di rumah-rumah Amerika. Awalnya dibangun terpisah, namun lama-kelamaan menjadi terintegrasi dengan rumah. Pada 1950, kurang dari setengah rumah baru memiliki garasi, sementara sekarang sudah mencapai 90 persen. Bukan hanya untuk satu mobil, pada 2004, 64 persen rumah baru membuat garasi untuk dua mobil dan 19 persen lainnya cukup untuk tiga mobil.

Sesuai perkembangannya, tujuan pembangunan garasi telah mengambil peran lebih jauh. Garasi sering digunakan untuk bisnis rumah tangga dan lokasi berlatih musik. Maka, muncullah julukan, seperti penemuan di garasi, pengusaha garasi, dan band garasi. Area ini disukai juga oleh pencandu hobi, mulai tukang kayu hingga penggemar mobil hot rod.

Dalam banyak hunian, garasi yang bergabung dengan rumah utama telah menggantikan pintu belakang sebagai pintu masuk utama keluarga. Sementara, bagi kebanyakan orang, garasi kerap dijadikan lemari raksasa, tempat penyimpanan segala perabot sehari-hari.

"Akhirnya, garasi penuh sesak dengan sampah sehingga tidak dapat digunakan untuk tujuan awal dibangun," kata pendiri Great Garage, organisasi agen jaringan berbasis garasi di Connecticut Jim Grider, seperti dikutip dari laman online Louisville Magazine.

NAHB memperkirakan, warga Amerika menghabiskan sekitar USD3 miliar di 2006 untuk melakukan renovasi garasi dan pengorganisasiannya, naik setengah miliar dari tahun sebelumnya. Dewasa ini, yang banyak dibangun adalah garasi terpisah dari rumah utama.

Bertahan selama 28 tahun di industri pembangunan garasi, pemilik Bluegrass Garage Builders, Gary Willis, telah menyaksikan banyak perubahan di pasar. "Orang-orang saat ini ingin garasi yang besar," tandasnya.

Willis mencatat, garasi yang muat hingga 2,5 mobil adalah andalan bisnisnya sekarang. Maksudnya, setengah lahan ekstra bisa dimanfaatkan sebagai media penyimpanan. Sebagian besar dari 200 atau lebih garasi yang Willis bangun setiap tahun terletak terpisah dari rumah.

Sering juga dia diminta mengubah garasi menjadi ruang keluarga. Bahkan, kliennya banyak yang ingin membangun garasi kedua untuk tempat boat atau mobil anak-anak mereka. Kecenderungan lain, dua atau 1,5 lantai garasi dengan area atas digunakan sebagai tempat rekreasi, kantor di rumah, studio, atau ruang lokakarya.

"Kami juga mendapat permintaan lebih untuk saluran pipa ledeng, terutama dari orang-orang yang membangun kolam renang, yang menginginkan adanya kamar mandi di garasi untuk menghindari orang-orang mondar-mandir dengan badan basah dari dalam dan luar rumah," ungkap Willis.


Sumber : www.property.okezone.com/garasi-tak-sekadar-tempat-parkir

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar