Jumat, 17 Februari 2012

Mari Bikin Teras Rumah Jadi Nyaman dan Asri

detail berita
Foto: Teras rumah/ architectaria.com
JAKARTA - Teras rumah merupakan salah satu elemen yang cukup penting. Selain sebagai ruang terbuka hijau, teras rumah bisa juga berfungsi sebagai ruang sosial.

Oleh sebab itu, sebaiknya rumah memiliki teras yang cukup mumpuni supaya tidak hanya menjadi ruang pelepas penat, tetapi juga sebagai area mendekatkan diri antaranggota keluarga.

Teras rumah biasanya merupakan area semi terbuka. Letaknya bisa di depan rumah, di samping atau di bagian belakang rumah. Teras atau beranda merupakan area transisi antara ruang terbuka di luar rumah dengan bagian dalam rumah.

Teras atau beranda biasanya adalah bagian dari rumah yang menghadap atau berorientasi ke ruang terbuka seperti halaman atau area terbuka hijau di dalam kawasan hunian perumahan.

Seperti ruang di dalam rumah, teras atau beranda sebaiknya ditata sedemikian rupa agar nyaman. Untuk itu, Anda perlu mencermati hal apa saja yang bisa membangkitkan kenyamanan pada tersa rumah Anda.

Berikut ini merupakan elemen pendukung agar teras Anda tidak hanya rapi dan bersih, tetapi juga nyaman untuk ditempati ketika ngobrol dengan keluarga tercinta, seperti dikutip dari blog arsitektur Architecthaira, Jumat (17/2/2012):

Pemilihan Material Untuk Lantai

Karena teras atau beranda adalah area semi terbuka dan berada di luar rumah (semi outdor), maka pemilihan jenis materialnya disesuaikan dengan sifat areanya.

Untuk area terbuka dan semi outdoor, sebaiknya menggunakan material yang teksturnya lebih kasar. Untuk lantai teras atau beranda, hindari penggunaan material yang licin dan berpori kecil seperti keramik untuk ruang di dalam rumah. Gunakan terasso atau keramik berpori besar seperti yang biasa anda gunakan untuk kamar mandi.
Terasso atau keramik berpori besar juga punya keuntungan lain, yaitu: mampu membuang air lebih cepat, sehingga ketika terkena air hujan lantainya tidak terlalu licin.

Anda juga bisa menggunakan batu alam untuk lantai teras atau beranda di rumah, pastikan batu alam untuk lantai telah diberi coating untuk menghindari air memasuki pori-porinya. Batu alam yang telah diberi lapisan kedap air juga akan menghindari lumut menempel pada lantai tersebut.

Pemilihan Material Untuk Dinding

Setelah selesai dengan pemilihan material untuk lantai teras atau beranda, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan material dan pola-pola dekoratif untuk dinding teras atau beranda Anda.

Untuk bagian dinding teras atau beranda rumah, Anda bisa menggunakan beragam material atau menggkombinasikan berbagai material untuk membentuk satu kesatuan bidang dekoratif bernilai estetika tinggi.
Sebagai contoh, anda bisa menggunakan bata yang diekspose, kayu solid dengan berbagai pola (vertikal, horizontal, maupun diagonal), batu alam (batu paras, batu candi, marmer, koral, granit, andesit, dsb).

Lapisan penutup bidang dinding teras atau beranda di rumah Anda akan sangat cantik dipandang jika Anda mampu mengkombinasikan berbagai jenis material, warna, dan menyusun pola-pola dekoratif yang indah.

Anda dapat menempelkan batu alam (batu paras atau batu candi) dan kayu solid pada bidang dinding luar sebagai aksen untuk mempercantik dan meningkatkan nilai estetika dinding di area teras/beranda rumah Anda.

Hindari menempelkan hiasan dinding seperti kaligrafi berbahan logam (perak, kuningan) dan lukisan pada teras atau beranda. Karena letaknya di luar dan sifatnya yang semi outdoor, perubahan cuaca dari panas ke dingin atau sebaliknya dan perbedaan temperatur pada siang dan malam hari akan sangat mudah untuk merusak hiasan dinding Anda.

Jika Anda ingin menambahkan elemen aksesosris, Anda bisa mempertimbangkan aksesoris berbahan dasar kayu atau gerabah. Anda juga bisa menempelkan ukiran (carving) dan ornamen berbahan dasar batu alam. Bentuknya seperti roaster tetapi dimensinya lebih besar. Jika Anda sering bepergian ke kota Yogyakarta, ada banyak sekali ornamen ukiran berbahan dasar batu alam dijual di daerah Kasongan atau Pasar Seni Gabusan.


Sumber : www.property.okezone.com/mari-bikin-teras-rumah-jadi-nyaman-dan-asri

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar