Rabu, 01 Februari 2012

Pavilion Tiga Dimensi dari Tali Tambang

detail berita
foto: Eco Pavilion Mexico/Archdaily-Yoshihiro Kaitani
MEKSIKO - Meksiko sepertinya menjadi salah satu negara yang paling sering menyelenggarakan kompetisi dalam dunia desain arsitektur. Museum Eco Experimental di  Meksiko misalnya, setiap tahun mengadakan sebuah kompetisi mendesain paviliun yang ramah lingkungan.

Tahun lalu mereka mengadakan kompetisi yang sama untuk mendesain sebuah paviliun pada halaman kecil di sebuah bangunan rumah yang telah berdiri sejak tahun 1953. Rumah tersebut merupakan hasil rancangan seniman Matthias Goeritz. Pada perhelatan tersebut sebuah lembaga arsitek di Meksiko MMX Studio, berhasil memperoleh juara pertama. Demikian seperti dikutip dari laman Archdaily, Senin (31/1/2012).

Desain yang mereka buat tidak berusaha menciptakan sebuah karya paviliun baru yang berdiri tunggal di atas lahan yang luas, tetapi lebih memperkuat pemanfaatan aset berupa lahan kecil pada teras bangunan dan membuat percobaan arsitektur yang disesuaikan dengan bangunan aslinya.

Hasilnya cukup menakjubkan. Sebuah paviliun yang terbuat dari tali tambang yang saling dihubungkan, hingga dapat membentuk paviliun yang terkesan lapang meskipun dibuat di atas lahan sempit. Dengan menggunakan tali yang dijulur membentuk seperti tenda, berhasil mendorong perspektif baru akan sebuah paviliun yang mudah dibuat tapi tetap fungsional.

Desain ini juga disebut sebagai permukaan tiga dimensi baru, yang mana dikarenakan sinar matahari yang memantul ke dalam paviliun dapat menciptakan dua refleksi atau bayangan sekaligus dari orang-orang yang berjalan di dalamnya.


SUmber : www.property.okezone.com/pavilion-tiga-dimensi-dari-tali-tambang

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar