Senin, 06 Februari 2012

Permukiman Kumuh, dari Ciliwung ke Rusunawa



JAKARTA,Permukiman kumuh di DKI Jakarta, khususnya di sepanjang bantaran Sungai Ciliwung, akan ditertibkan mulai 2012 dan ditargetkan selesai hingga 2014. Warga bantaran Ciliwung ini akan dipindahkan ke rumah susun sederhana sewa (rusunawa).

"Tahun ini akan dilakukan penertiban wilayah kumuh dengan Kementerian Perumahan Rakyat sebagai leading sector," kata Direktur Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan Kementerian Sosial, Wawan Mulyawan, di Jakarta, Senin (6/2/2012).

Wawan mengatakan, penataan daerah adalah salah satu konsep yang disiapkan Kementerian Perumahan Rakyat dan saat ini masih terus dibahas tentang rincian atau detil program. Sementara Kementerian Sosial akan melakukan pendampingan, sebab jika program penertiban itu berjalan, masyarakat yang dipindahkan memerlukan penyuluhan sosial untuk mengubah pemahaman berpikir mereka tentang tempat tinggal lebih baik.

Sebelumnya pada 2011, Kementerian Sosial juga ikut serta dalam penertiban wilayah kumuh dengan menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam menertibkan warga yang tinggal disepanjang rel kereta api di wilayah Pejompongan, Jakarta Pusat. Kementerian Sosial memfasilitasi warga yang terkena penertiban yang sebagian besar pendatang, pulang ke daerahnya masing-masing dengan jasa kereta api gratis dari PT KAI.

Sebelumnya, Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosia, Hartono Laras mengatakan, fokus penanganan kemiskinan pada 2012 akan dilakukan di daerah perbatasan dan daerah tertinggal. Selain itu program yang sudah berjalan seperti penanganan kemiskinan di wilayah perkotaan dan pedesaan serta wilayah khusus seperti daerah kumuh akan terus dilanjutkan. Dana yang dianggarkan untuk program penanggulangan kemiskinan pada 2012 sebesar Rp 754 miliar, sebagian besar hingga 57 persen dialirkan ke daerah dan selebihnya untuk pusat.



Sumber : www.properti.kompas.com/Permukiman.Kumuh.dari.Ciliwung.ke.Rusunawa

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar