Senin, 06 Februari 2012

Proyek Nasionalisme Arsitek Irak

detail berita
Zaha Hadid (tengah) (Foto: Dok. Zaha Hadid Architect)
BAGHDAD - Zaha Hadid adalah seorang arsitek kelahiran Irak yang lebih dikenal sebagai arsitek berkebangsaan Inggris. Salah satu karyanya yang paling bergengsi adalah Signature Tower atau Dancing Towers di Dubai.

Kali ini Zaha Hadid akan kambali menggebrak dunia arsitektur dengan karya terbarunya berupa gedung markas baru Central Bank of Iraq (CBI) yang akan dibangun di tepi Sungai Tigris, Baghdad.

Seperti dilansir dari Archdaily, Sabtu (4/2/2012), Zaha Hadid telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Gubernur Bank Sentral Irak H E Dr Sinan Al-Shabibi baru-baru ini bertempat di Victoria and Albert Museum, di Inggris.

Zaha Hadid yang telah lama berkiprah di dunia internasional, merasa bangga karena dipercaya untuk membagun sebuah karya besar di kampung halamannya tersebut.

"Saya merasa amat tersentuh bahwa saya telah diminta untuk merancang kantor pusat baru Bank Sentral Irak. Saya lahir di Irak dan saya masih merasa sangat dekat dengannya. Saya merasa sangat istimewa untuk dapat bekerja di Irak untuk kepentingan nasional tersebut," urai Zaha Hadid dengan bangga.

Sementara itu, Gubernur Bank Sentral Irak Dr Sinan Al-Shabibi mengatakan, proyek baru ini sekaligus akan menjadi simbol dalam pembangunan ekonomi Irak dan merupakan cerminan tekad dalam membangun negeri usai berakhirnya pemerintahan rezim Saddam Husein yang mengakibatkan pembangunan Irak goyah dan sempat lumpuh beberapa waktu.

Sebagai simbol semanangat baru pembangunan Irak gedung ini pun akan dipimpin langsung oleh Zaha Hadid serta didukung tim konsultan arsitek yang sudah berpengalaman, seperti Adams Kara Taylor, Max Fordham, Newtecnic, DEGW, A2 Project Managers, dan lainnya.





Sumber : www.property.okezone.com//proyek-nasionalisme-arsitek-irak

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar