Senin, 13 Februari 2012

Sustainable Design Itu Mudah dan Lebih Hemat

detail berita
Perabotan bekas yang akan didaur ulang (foto:greendemolitions.com)
SUSTAINABLE design atau rancangan yang berkelanjutan memang menjadi isu utama dunia arsitektur. Hal ini semakin menjadi pusat perhatian masyarakat, seiring efek rumah kaca dan pemanasan global yang semakin mengancam populasi seluruh penghuni bumi. Berbagai langkah antisipasi pun lahir guna melestarikan alam untuk kehidupan generasi mendatang.

"Saya melihat perhatian masyarakat yang hanya berpusat pada green design atau produk konsumen. Kenyataannya adalah sustainable atau desain berkelanjutan masih belum dipahami dan menarik minat orang-orang. Padahal isu ini sangat penting, namun masih dalam urutan terbelakang, mungkin jika sustainable ini lebih mudah dan murah harganya baru banyak masyarakat yang tersadar," kata Manajer perusahaan arsitek dan desain interior, iMatchDesigners LLC Lloyd Princeton, seperti dikutip dari laman The Epoch Times, Senin (13/2/2012).

Menurutnya, ada langkah alternativ yang mudah dalam menerapkan sustainable design ini yakni dengan merenovasi ruang atau merancang ulang interior rumah, yang belum banyak disadari masyarakat. Satu contoh adalah tampilan baru rumah dapat diperoleh dengan me-remodel furnitur.

"Jika furniturnya berkualitas, maka dapat dibuat sentuhan baru dengan memberikan lapisan warna, tekstur bahkan dengan menambahkan elemen lain untuk mempercantik, seperti tekstil ataupun kristal. Jadi, barang-barang yang sudad tidk terpakai, tidak lantas dibuang ke tempat sampah, namun dapat dire-model dan masih tetap memiliki fungsi. Ini jauh lebih hemat dibandingkan Anda membeli barang baru," papar Princeton.

Kini, perusahaan iMatchDesigners telah memiliki sebuah layanan untuk memboingkar dan me-remodel perabotan dapur, termasuk keramikl pada toilet maupun bak cuci, lemari dapur, lantai kayu, dan sebagainya. Barang-barang bekas tersebut dimodifikasi dan dijual kembali. Sementara itu, pemilik asli dari perabotan yang di-remodel tetap mendapatkan imbalan.

Ini merupakan sebuah inovasi yang mudah sekaligus bermanfaat besar. Meskipun belum banyak diterapkan, namun dari langkah kecil ini bisa memunculkan kesadaran masyarakat. Mungkin banyak perusahaan arsitek atau desain interior di tempat lain yang akan banyak melakukan hal serupa.

"Jika Anda masih belum paham tentang sustainable design bertanyalah kepada para profesional, mereka akan memberikan petunjuk mengenai produk berkelanjutan atau daur ulang yang bisa Anda manfaatkan," ujarnya.


Sumber : www.property.okezone.com/sustainable-design-itu-mudah-dan-lebih-hemat

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar