Selasa, 21 Desember 2010

Properti Lebih Tahan Krisis

PRESIDEN Direktur PT Bakrieland Development Tbk Hiramsyah Sambudi Thaib menjamin sektor properti  yang banyak bermunculan saat ini lebih tahan terhadap krisis ekonomi. Berbeda dengan sektor properti tahun 1998 yang memang rentan terhadap krisis ekonomi.

“Sektor properti pada tahun 1998 banyak dibiayai dari sektor perbankan yang disalurkan tanpa mempertimbangkan kaidah penyaluran kredit yang baik dan benar. Sedangkan saat ini sektor

properti dibiayai langsung dari konsumen dengan mempertimbangkan tata kelola usaha yang baik,” kata Hiramsyah saat menjelaskan prospek 2011, Senin (20/12).

Menurut Hiramsyah, banyak pengembang properti saat ini belajar dari kesalahan krisis ekonomi tahun 1998 sehingga mereka lebih berhati-hati dalam membangun proyek properti.

Pendanaan sektor properti dapat dilakukan melalui penggunaan modal sendiri atau modal dari menerbitkan saham kepada masyarakat, barulah sebagian lagi dari perbankan namun dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian (prudential perbankan), papar Hiramsyah.

Hiramsyah juga mengatakan, saat ini sektor properti justru mampu mendukung pertumbuhan sektor perekonomian mengingat sektor ini banyak menyerap tenaga kerja, baik dalam tahap konstruksi maupun setelah beroperasi.

Pertumbuhan sektor properti saat ini juga akan mendorong sektor industri pendukung seperti genteng, batubata, keramik, bahkan semen yang seluruhnya merupakan industri padat karya.

Dia mengatakan, untuk menghitung kontribusi sektor properti saat ini melihat data kapitalisasi sektor properti yang diperkirakan puluhan triliun rupiah dikalikan duabelas. “Itu belum dihitung dari pajak-pajak karena adanya transaksi dengan pembeli,” ujar dia.

Hiramsyah mengatakan, untuk tahun 2011 PT Bakrieland Development Tbk telah mengalokasikan biaya proyek (project cost) sebesar Rp2-2,5 triliun yang akan dipergunakan untuk proyek di Bogor dan Jonggol Jawa Barat, Rasuna Jakarta, serta sejumlah ruas jalan tol.


Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)
Pengen punya rumah sendiri? kini bukan hal yang susah. klik DISINI semua jadi mudah !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar