Senin, 20 Februari 2012

Alternatif Ajukan KPR dengan Kartu Kredit

detail berita
Foto: ilustrasi KPR/ mylycnburgmortgage.com
JAKARTA - Untuk mendapatkan kredit pemilikkan rumah (KPR) biasanya kerap dirasakan agak sulit. Apalagi jika Anda sudah merupakan pengguna kartu kredit tertentu.

Namun, jangan khawatir, jika tidak bisa melepaskan ketergantungan Anda pada kartu kredit, Anda tetap bisa mengajukan KPR meski memiliki banyak kartu kredit.

Berikut merupakan beberapa alternatif agar pengajuan KPR Anda disetujui pihak bank, seperti yang disitat dari situs AOL Real Estate, Senin (20/2/2012):

1. Beberkan aset pribadi.
Jika Anda tidak memiliki uang yang cukup banyak untuk membayar down payment (DP) sebuah hunian impian Anda, cobalah untuk menunjukkan beberapa asset berharga Anda kepada pihak bank.

Misalnya saja, asuransi yang Anda miliki yang nilainya kemungkinan bisa setara dengan pinjaman KPR Anda. Atau surat berharga dan asset lainnya. Dengan strategi ini, pengajuan KPR Anda kemungkinan akan dipertimbangkan pihak bank lantaran Anda memiliki jaminan lain, meski Anda memegang banyak kartu kredit.

2. Stabilitas pemasukkan bulanan.
Jika Anda seorang pegawai dan memiliki pemasukkan bulanan yang rutin, besar kemungkinan pengajuan KPR Anda akan disetujui. Sebab, pihak bank akan menilai Anda memiliki pemasukkan yang bisa dipotong sesuai dengan perjanjian Anda dan pihak bank.

Sebenarnya, apapun pekerjaan Anda bisa saja mengajukkan KPR sesuai dengan kebutuhan Anda. Akan tetapi bukan soal kejelasan pemasukkan Anda setiap bulan, yang terpenting adalah Anda bisa yakinkan pihak bank bahwa pekerjaan Anda bisa membiayai KPR setiap bulannya.

3. Tunjukkan kedisiplinan.
Memiliki banyak kartu kredit bukan berarti membuat impian memiliki hunian idaman sirna lantaran tidak dipercaya pihak bank. Bila Anda menginginkan KPR Anda disetujui bank, yakinkan bank dengan pembayaran kartu kredit secara tepat waktu setiap bulannya.

Kedisiplinan bisa menunjukkan keseriusan Anda akan pembayaran kredit semacam KPR tepat waktu dan menjamin KPR akan dibayar setiap bulannya.

4. Perbesar DP Anda.
Untuk menyatakan keseriusan Anda, ajukan DP yang agak lebih besar daripada yang seharusnya tertera pada brosur perumahan. Misal, Anda bisa tawarkan pada bank DP lebih besar 10 persen. Dengan begitu, kredit setiap bulan akan dikenakan sedikit lebih ringan daripada yang seharusnya.

5. Siapkan bukti transaksi.
Sebelum akad kredit, biasanya bank akan meminta bukti seperti rekening koran dan hasil cetak transaksi terakhir buku tabungan Anda. Melalui hal itu, bank bisa memeriksa transaksi yang Anda lakukan, dan menilik berapa penghasilan bulanan Anda berikut dengan potongan dari kartu kredit yang Anda miliki.


Sumber : www.property.okezone.com/alternatif-ajukan-kpr-dengan-kartu-kredit

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar