Rabu, 01 Februari 2012

Bangunan TK Transparan di China

detail berita
foto: TK Jiading/Archdaily-Shu He
SHANGHAI - Bangunan Taman Kanak-Kanak (TK) yang satu ini bisa dibilang lain dari biasanya, sebab struktur bangunannya yang transparan dan sangat luas. TK ini terletak di kota baru Jiading di pinggiran utara Shanghai.

Lingkungan di Jiading merupakan lingkungan pedesaan yang baru ingin bertransformasi menjadi seperti perkotaan kecil. Untuk itu para insiyur arsitektur China berusaha membuat bangunan-bangunan modern dan fungsional. Salah satunya adalah dengan mendirikan TK Jiading tersebut.

Seperti dilansir Archdaily, Rabu (1/2/2012), bangunan TK yang dirancang oleh arsitek China Liu Yichun dan Chen Yifeng dari Atelier Deshaus ini, terdiri dari 15 ruang kelas, sejumlah ruang bermain dan atrium. Atrium-atrium tersebut berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan acara hiburan setiap harinya.

Fasad atau permukaan bangunan menggunakan panel transparan sehingga cahaya matahari dapat terserap dengan baik ke dalam ruangan dan memungkinkan para murid dan guru untuk dapat melihat ke halapan di sekitar TK.

Halaman yang dimiliki TK ini pun terus diperluas sebagai arena beraktivitas para murud di luar. Namun, perluasan tersebut tidak dibuat secara horisontal, melainkan vertikal. Hal ini maksudnya adalah pembuatan ruang-ruang terbuka yang lapang pada lantai atas gedung. Jadi, para murid dan guru TK tetap bisa berolahraga, bermain dan
belajar baik saat cuaca sedang cerah maupun saat musim dingin atau hujan tiba.


Sumber : www.property.okezone.com/bangunan-tk-transparan-di-china

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar