Kamis, 09 Februari 2012

Canggih, Cat Ini Bisa Deteksi Kerusakan Konstruksi

detail berita
Foto: Cat nanoteknologi tengah diteliti/ AOL
JAKARTA - Sebuah evolusi di dunia properi telah terjadi, tidak hanya dibidang arsitektur yang semakin canggih, elemen penunjag bangunan seperti cat ternyata juga mengalami evolusi kecanggihan terbaru.

Beberapa peneliti di sebuah universitas di Skotlandia menemukan metode baru pada campuran cat yang bisa mendeteksi kerusakan pada struktur bangunan.

Para peneliti ini menggunakan nanoteknologi yang memungkinkan cat menjadi  jaringan sensor yang bisa mendeteksi kesalahan minor pada sebuah struktur bangunan, sehingga bisa mencegah bangunan tesebut menjadi rusak lebih parah lagi.

Seperti yang dikutip dari situs AOL Real Estate, Kamis (9/2/2012), cat  tersebut merupakan campuran dari senyawa karbon berukuran nano dari hasil daur ulang.

Senyawa ini memungkinkan ketika jaringan sensor nano yang pada cat
mendeteksi kemiringan sudut bangunan atau keretakkan minor, maka warnanya akan berubah menjadi warna abi-abu selayaknya warna semen basah.

Dengan adanya penemuan jenius ini, para peneliti percaya, cat revolusioner ini mampu menekan biaya perawatan gedung seperti biaya
structural monitoring yang biasanya memakan ongkos yang cukup mahal.


Sumber : www.property.okezone.com/canggih-cat-ini-bisa-deteksi-kerusakan-konstruksi

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar