Rabu, 01 Februari 2012

Kenali Teknik Dekorasi Dinding

detail berita
foto: mural pada ruangan/homesickdesign.com
JAKARTA - Selain menghias dinding dengan material seperti wallpaper, Anda juga bisa menggunakan cat. Namun, tak seperti saat Anda mengecat dinding pada umumnya. Untuk menampilkan dinding dekoratif, ada teknik tersendiri yang harus dikuasai sehingga dinding tidak terlihat biasa saja.

Mengecat dengan teknik dekoratif tidak sulit kok. Anda dapat mengerjakannya sendiri. Alat aplikasi yang digunakan pun sederhana, bahkan Anda tidak perlu repot mencarinya karena cat dekoratif sudah banyak disediakan.

Menurut desainer interior Ade Lesmana, ada dua teknik yang digunakan untuk mengecat dengan teknik dekoratif, yaitu teknik combing yang membutuhkan kreativitas dalam membuat pola dan alat yang digunakan hanya sisir serta karet. Lalu, teknik yang kedua adalah ragging.Untuk menghasilkan teknik ini, Anda bisa menggunakan kain.

Caranya dengan mencelupkan kain tersebut ke dalam cat, lalu ditempelkan di dinding sambil ditepuk-tepuk. Dan, hasilnya akan membentuk satu corak lipatan. Kombinasi warna yang baik mampu menciptakan suasana ruang yang nyaman.Ada baiknya Anda menggunakan warna yang cukup berani di salah satu sisi dinding.

Selain sebagai aksen, warna tersebut juga dapat menciptakan point of interest tersendiri pada ruangan. Di samping warna, motif pada dinding juga sangat berpengaruh dalam menciptakan kesan pada ruangan.

"Motif garis, geometris, floral, atau bentuk lukisan bisa dipilih sebagai aksen. Sesuaikan motif dengan besaran ruang. Jika ruangan berplafon tinggi, hindari motif garis vertikal," sebut Ade.

Bila hunian Anda bergaya minimalis, dinding dekoratif dengan motif ramai akan sangat cocok diterapkan. Apalagi bila dipadukan dengan furnitur serta hiasan yang sederhana sehingga fungsi dinding akan menonjol sebagai salah satu focal point ruangan tersebut. Untuk menjadikan dinding lebih memesona, Anda tidak boleh melupakan elemen lain di ruang tersebut. Misalnya furnitur, pajangan dinding seperti lukisan, dan lain-lain.

Satu lagi yang tak kalah cantik untuk dijadikan dekorasi dinding Anda, yakni mural. Aplikasi mural tak berbeda jauh dengan wallpaper. Hanya, mural merupakan lembaran bergambar tertentu dalam bentuk digital printing.

Mural menyajikan gambar pilihan sesuai dengan keinginan konsumen. Misalkan gambar pegunungan, tokoh kartun, keindahan dan birunya pantai, atau rimbun pepohonan. Gambar yang tersaji pada mural terlihat sangat natural dan serupa dengan aslinya sehingga terasa menyatu saat dipandangi.


Sumber : www.property.okezone.com/kenali-teknik-dekorasi-dinding

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar