Selasa, 15 Mei 2012

Kondominium Kian Marak di Kota Level Dua

detail berita
Kondominium. (Dok : http://greenbaypluitapartment.com)
JAKARTA - Pertumbuhan pasar kondominium tidak hanya terjadi di Ibu Kota Jakarta, namun juga di kota-kota yang level dua, seperti di Surabaya, Bandung, Bali (Seminyak dan Kuta), Solo dan Jogja. Pertumbuhan hunian vertikal ini pun mulai marak.

"Dalam lima tahun belakangan ini pasar kondominium di kota-kota  tersebut mulai meningkat. Dengan pangsa pasar lebih kepada sektor wisata," kata Assosiate Ðirector Research & Advisory PT Cushman & Wakefield Indonesia Arief Rahardjo, dalam Media Group Discussion Prospek dan Investasi Kondominium di Jakarta, Senin (14/5/2012).

Menurutnya, pasar properti sektor high rise building di kota level dua ini juga memiliki profil pembeli yang berbeda dan pasar kondotel (kondominium-hotel) yang kebanyakan dibangun di Bali.

"Untuk Bandung sendiri, selain investor, juga target market kondominium adalah mahasiswa. Kalau Bali kebanyakan juga para ekspartriat," ujarnya.

Sementara untuk segmentasinya rata-rata di bawah harga Rp15 juta per meter persegi (m2). Pengembang besar pun banyak yang telah bermain di sana, seperti Ciputra, Intiland, Bakrieland, dan lain-lain.

"Kecuali jika pengembangnya adalah pengembang besar, biasanya harganya akan lebih mahal, karena mereka membangun mix used, jadi harga kondonya sendiri bisa sekira Rp20 jutaan per meter persegi," pungkas Arief.

Namun demikian, dia melanjutkan, kondisi lingkungan dan gaya hidup di kota-kota tersebut masih jauh berbeda dengan Jakarta yang sering macet dan sangat susah untuk menemukan perumahan yang berlokasi di tengah kota atau dekat pusat bisnis.

"Orang Indonesia kebanyakan masih lebih memilih landed house atau rumah tapak, jadi secara umum pertumbuhan apartemen atau high rise building di daerah masih tidak terlalu tinggi angkanya. Apalagi di sana kemacetan juga kurang, jadi akses ke mana-mana masih gampang ditempuh," ujarnya menutup.

Sumber : www.property.okezone.com/kondominium-kian-marak-di-kota-level-dua

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang asri aman nyaman dan siap huni..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar