Rabu, 02 Mei 2012

Pengamat: Minimal Satu Rusun di Kawasan Industri



JAKARTA, Sebagai upaya mengurangi angka backlog perumahan, pemeritah disarankan membangun rumah susun di setiap kawasan industri. Hadirnya rusun bagi pekerja atau buruh juga dapat meningkatkan produktivitas kerja serta mengurangi kemacetan.

"Kalau satu saja rumah susun mulai dibangun di setiap lokasi kawasan industri, tentu bisa mengurangi backlog perumahan," kata Direktur Indonesia Property Watch (IPW), ALi Tranghanda, ketika dihubungi Kompas.com di Jakarta, Selasa (1/5/2012).

Ali mengatakan, kehadiran rusun di kawasan industri bisa menjadi solusi permasalahan perumahan, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Mau bentuknya nanti rumah sejahtera susun, yang sebelumnya dikenal rumah susun sederhana milik (rusunami) atau rumah susun sederhana sewa (rusunawa), tapi ini bisa jadi solusi," ujarnya.

Namun, pemerintah diminta untuk konsisten membangun rumah untuk pekerja atau buruh. Pasalnya, ide itu sudah digulirkan sejak lama.

"Seperti rusun untuk buruh di Batam (Rusunawa untuk 4.000 Pekerja di Batam), itu sudah dibangun sejak jabatan Menpera di jaman Yusuf Ansyari, baru setelah dijabat Menpera Djan Faridz selesai," katanya.

Ia mengatakan, untuk mengentaskan masalah perumahan tak bisa hanya mengandalkan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera). Pemerintah pusat diminta memegang kendali melibatkan kementerian lainnya untuk membangun perumahan rakyat.


Sumber : www.properti.kompas.com/Pengamat.Minimal.Satu.Rusun.di.Kawasan.Industri

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang asri aman nyaman dan siap huni..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar