Selasa, 15 Mei 2012

Pixel, Gedung Hijau "Berwajah" Buruk di Australia

detail berita
Pixel Building di Melbourne, Australia. (Foto: Inhabitat)
MELBOURNE - Gedung Pixel di Australia disebut sebagai bangunan perkantoran masa depan. Bangunan yang berlokasi di Melbourne ini merupakan contoh nyata bangunan yang berhasil mengefisienkan energi, menggunakan energi terbarukan, minim sampah, dan atap hijau.

Bangunan ini mempraktekkan pembangunan berkelanjutan sehingga mendapat nilai maksimal dalam rangking hijau di Australia, Greenstar.

Pixel disebut netral karbon, mandiri dalam air, sertifikasi LEED Platinum, pelacakan dan panel fotovoltaik tetap, turbin angin, beton yang ramah lingkungan, dan sebuah digester anaerobik. Hal-hal tadi merupakan fasilitas 'hutan hijau' bangunan.

Namun sayangnya, sejumlah fasilitas hijau tersebut tidak selaras dengan estetika dari bangunan tersebut. Tampak luar, bangunan Pixel dinilai sangat buruk. Bahkan saking buruknya, Pixel masuk daftar sepuluh bangunan paling buruk di dunia versi kantor berita Reuters.

Di bagian luar, Pixel dilapisi pecahan serupa kaca berwarna cerah, seperti merah, kuning, hijau, dan biru. Pecahan ini ditempelkan di sepanjang lapisan luar Pixel.

Mengapa keindahan tampilan luar menjadi penting? Seperti dikutip dari Construction Digital, Senin (14/5/2012), pemandangan yang tidak sedap dipandang ini merusak desain dari bangunan berkelanjutan.

Selain itu, bangunan fasad ini melanggengkan image salah kaprah di masyarakat mengenai bangunan ramah lingkungan yang kerap disebut norak, menyakitkan, dan tidak praktis.

Agar gerakan bangunan hijau semakin memasyarakat, dibutuhkan proyek bangunan ramah lingkungan dengan desain arsitektur yang menarik dan menginspirasi publik.

Sumber : www.property.okezone.com/pixel-gedung-hijau-berwajah-buruk-di-australia

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang asri aman nyaman dan siap huni..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar