Rabu, 09 Mei 2012

Solusi Atasi Bau Tak Sedap (I)

detail berita
Ilustrasi (foto: interiorholic)
BAU tak sedap di rumah memang sangat mengganggu kenyamanan. Tidak hanya penghuni rumah yang merasa terganggu, tamu yang berkunjung pun bisa merasa tak betah. Tentu Anda tidak ingin situasi seperti ini terjadi di hunian tercinta. Dari itulah, ada beberapa tip mudah dan murah yang bisa Anda terapkan. Simak tipnya berikut ini:

1. Kurangi Bau Sampah dengan Soda Kue
Sampah rumah tangga yang belum sempat terangkut sering menimbulkan bau tidak sedap hingga sangat mengganggu. Untuk mengurangi baunya, taburkan 2-3 sendok makan soda kue ke dalam tempat sampah. Pastikan sampah tetap kering dan tak terkena air hujan. Sebaiknya pisahkan sampah menurut jenisnya, yaitu organik (sisa potongan sayur dan buah) dan anorganik (kertas, kaleng,dll) agar lebih mudah diolah. Biasanya sampah anorganik yang kering tidak menimbulkan bau, sedangkan sampah organic bisa diolah menjadi pupuk kompos.

2. Baking Soda, Menetralkan Bau Pakaian Kotor
Pakaian bekas yang belum sempat dicuci biasanya akan menimbulkan bau karena penuh kotoran dan keringat. Agar baunya tidak terlalu menyengat, taruhlah pakaian dalam keranjang yang berongga-rongga dalam keadaan kering. Kemudian, letakkan satu sampai dua sendok makan soda kue (baking soda) yang telah dibungkus kertas tisu di antara tumpukan pakaian tersebut. Niscaya, bau apak pakaian akan jauh berkurang.

3. Menghilangkan Bau Apak Toples Kaca
Toples kaca yang sudah lama tak digunakan biasanya akan menimbulkan bau tak sedap. Ada tip menarik untuk mengatasinya. Caranya, bakarlah secarik kertas yang telah dipilih, masukkan ke dalam toples, lalu tutup rapat. Setelah api padam, buang sisa abu, lantas cuci bersih toples. Toples kaca pun akan kinclong dan bebas bau apak.

4. Atasi Bau Tak Sedap di Mobil
Sering kali asap rokok dan kondisi lembap di kabin menimbulkan aroma kerang sedap dan apak. Tempatkan car refreshner atau semprotkan pewangi di kabin mobil. Namun, jika Anda tidak menyukai cara tersebut karena bau wangi yang ditimbulkan terlampau menyengat, cobalah alternatif lain. Belah apel, lalu taburi dengan sedikit bubuk kopi di atasnya. Tempatkan pewangi alternatif ini di atas cawan, lalu letakkan di dalam mobil. Setelah semalam, bau tak sedap dalam mobil akan hilang karena terserap kopi dan apel.

5. Handuk Basah Pengusir Bau Rokok
Bau asap rokok tentu sangat mengganggu dan memerlukan waktu lama untuk menghilangkannya. Untuk mempercepat hilangnya bau, pakai saja handuk basah. Basahi handuk dengan air, lalu peras hingga setengah basah atau lembap. Setelah itu, kibas-kibaskan handuk di ruangan yang berasap. Perlahan handuk akan menyerap bau rokok. Bila berminat, tambahkan essence aromaterapi pada air yang hendak digunakan untuk merendam sehingga ruangan lebih harum.

6. Menghilangkan Bau Minyak Tanah
Tangan yang terkena minyak tanah biasanya akan meninggalkan bau yang cukup sulit dihilangkan. Agar bau lebih mudah hilang, segera keringkan tangan dengan lap. Setelah itu, lumuri tangan dengan beberapa tetes minyak goreng dan diamkan selama lima menit. Selanjutnya, cuci tangan dengan air sabun hingga bersih dan bau minyak tanah tak lagi tercium. Praktis, bukan?

Sumber : www.property.okezone.com/solusi-atasi-bau-tak-sedap-i

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang asri aman nyaman dan siap huni..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar