Selasa, 08 Mei 2012

Cantiknya Rak Buku Display

detail berita
(foto: freshome)
TANPA Anda sadari, rak buku menjadi elemen penting dalam sebuah keluarga. Rak satu ini tidak hanya berfungsi sebagai pajangan, namun juga mendukung minat belajar seluruh anggota keluarga di rumah.

Saat ini desain rak buku sangat beragam, baik bentuk maupun material yang digunakan. Kebanyakan material yang digunakan memang kayu dan multipleks. Namun, jika Anda menginginkan tampilan rak yang lebih modern, bisa juga menggunakan bahan kaca, stainless steel, dan besi tempa.

"Rak buku bukan hanya berfungsi sebagai wadah untuk menaruh koleksi buku, tapi bisa juga dijadikan pembatas ruangan, terlebih lagi di hunian yang mungil. Sebaiknya desain rak buku disesuaikan dengan konsep hunian," kata Ade Lesmana.

Kadang kala,tanpa kita sadari tampilan rak buku yang cantik dapat menciptakan suasana berbeda di dalam tatanan interior. Anda bisa mulai membuat rak yang paling sederhana menggunakan potongan multipleks yang didukung dengan besi siku atau kayu siku. Untuk saat ini, rak buku yang paling sering kita jumpai adalah yang menggabungkan antara rak dan lemari.

"Sebaiknya sebelum mulai melakukan peletakan, perhatikan terlebih dahulu komposisi ruang yang hendak digunakan. Kalau tidak, bisa memengaruhi sudut pandang ruangan, " tutur Ade. Supaya tampilan rak terkesan rapi dan menyatu dengan ruangan, Anda bisa memanfaatkan salah satu dinding kosong. Anda dapat mencoba model rak buku berupa cerukan di salah satu dinding yang memiliki ukuran tidak terlalu besar. Hal ini untuk memberikan tampilan ruang yang praktis.

"Rak dengan model cerukan bakal memberikan kesan dekoratif untuk meningkatkan kualitas interior hunian. Terlebih lagi untuk rumah bermodel minimalis," kata Ade. Selain rak cerukan, Anda juga dapat menggunakan rak tanam yang bisa ditempatkan di mana saja, seperti ruang tamu ataupun ruang keluarga. Agar rak tidak terlalu monoton lantaran hanya diisi berbagai jenis buku, Anda boleh menempatkan pernak-pernik seperti frame foto keluarga, porselen, koleksi kristal, dan vas bunga di sana.

"Ada baiknya, saat ingin memajang buku, tentukan dahulu tinggi serta kedalaman rak yang hendak dibuat. Usahakan kebutuhan koleksi buku sesuai dengan kondisi rak supaya ruang rak yang telah disediakan tidak terlihat kosong," saran Ade. Ade menambahkan, untuk rak tanam, bisa dibuat dengan desain tertutup.

Fungsi rak ini untuk melindungi koleksi buku dari debu dan kotoran.Namun, untuk menjadikan tampilannya lebih dekoratif dan tidak kaku,material kaca dapat dipilih demi melengkapi rak buku Anda. Kaca dapat ditempelkan ke bagian dinding dengan menggunakan bracket dan fisher. Untuk membuat tampilannya lebih menarik, maka dinding bagian belakang rak bisa Anda diberikan finishing yang berbeda, seperti warna yang lebih tua atau variasi mencolok untuk menambah focal point dalam ruangan.

"Bukan hanya dari warnanya, untuk memberikan tampilan yang berbeda, rak juga bisa dihadirkan menggunakan material finishing yang berlainan, seperti batu alami, wall cover, atau dikreasikan dengan tekstur buatan," ungkap Ade. Ada baiknya Anda memilih rak yang pas sebelum menentukan fungsinya, apakah untuk rak buku atau sebagai penopang aksesori? Bila Anda menggunakan model rak cerukan, maka itu akan menonjolkan benda-benda yang terpajang. Anda boleh memberikan pencahayaan di bagian atasnya. Gunakan jenis lampu halogen yang berfungsi menyorot pernak-pernik pemanis rak.

Sumber : www.property.okezone.com/cantiknya-rak-buku-display

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual  yang asri aman nyaman dan siap huni..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar