Selasa, 24 Mei 2011

Investor Hotel Asing Berminat ke Makassar

MAKASSAR– Sejumlah jaringan hotel internasional menyatakan minatnya berinvestasi ke Makassar. Persaingan bisnis perhotelan di Kota Anging Mammiri ini diperkirakan makin ketat.

Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin mengatakan, ratarata investor yang tertarik menanamkan modalnya diKotaMakassar adalah sektor properti, khususnya hotel.Beberapa grup hotel internasional ternama bahkan sudah menyampaikan minatnya masuk Makassar. "Di antaranya Grup Hotel Intercontinental dan Grup Hyatt Hotel, termasuk Swiss Berhotel, yang saat ini sudah mulai membangun," katanya, kemarin. Mereka sudah menyampaikan keinginannya melebarkan jaringan hotel di Makassar dalam waktu dekat ini.

"Kami sangat merespons dengan rencana itu,"kata dia. Hanya, para investor tersebut masih mempersoalkan kepastian hukum di daerah ini, terutama soal status lahan yang ada di Kota Makassar jika mereka jadi memperluas jaringan bisnisnya di daerah ini. "Memang mereka sempat mengeluhkan masalah mafia tanah,"ujarnya. Mengenai keluhan para calon investor tersebut, dia berjanji akan menuntaskan persoalan tersebut.Karena hal itu menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Menurutnya, ketertarikan para investor tersebut menanamkan modalnya di Makassar lantaran pada tahun lalu di kota ini masih kekurangan sekitar 1.600 kamar hotel."Tapi sudah ada beberapa hotel yang keluar rekomendasi pembangunannya," kata pria yang akrab disapa Aco ini. Jumlah kamar hotel yang akan bertambah dalam waktu dekat ini sekitar 500 unit.

Itu bisa terus bertambah jika keamanan di Kota Makassar mendukung. Ketua Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Sulsel Anggiat Sinaga mengatakan, dirinya belum mendapatkan informasi akan masuknya jaringan hotel internasional tersebut. "Saya belum tahu soal itu," katanya kemarin. Namun dia mengatakan ada sejumlah hotel lain yang sudah mulai merambah Makassar.

Seperti Hotel Aston, Swiss Belhotel, dan Hotel Aerowisata. "Tentu ini akan memberi peta persaingan hotel yang lebih kompetitif,"paparnya. Anggiat mengatakan, berdasarkan data PHRI Sulsel,jumlah kamar hotel di Makassar tahun ini sekitar 5.325. Tahun depan diperkirakan akan mencapai 6.000. "Kita masih optimistis bahwa penambahan jumlah kamar tersebut masih akan sesuai dengan kebutuhan dan pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Sulsel,"pungkasnya.


Sumber : www.makassarterkini.com/investor-hotel-asing-berminat-ke-makassar
Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar