Senin, 23 Mei 2011

Lahan dan Listrik Mahal, REI Sumbar Sulit Bangun Rumah Terjangkau



PADANG,
Dewan Pengurus Daerah Real Estat Indonesia Provinsi Sumatera Barat masih menghadapi berbagai kendala dalam pembangunan perumahan untuk masyarakat disebabkan harga lahan yang mahal. "Konsep tata-ruang juga tidak jelas dan alih fungsi lahan belum tertata baik,"katanya.

Disamping itu kendala lain yang dihadapi yakni persoalan biaya pemasangan listrik untuk perumahan sangat tinggi, begitu juga suku bunga yang diterapkan pihak perbankan untuk penawaran unit-unit perumahan pada masyarakat.

"Rendahnya daya beli masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhan perumahan sampai saat ini masih menjadi bahan kajian dari pihak terkait,"katanya. Untuk pemenuhan kebutuhan tersebut, Ketua DPD REI Sumbar, Jhony Halim Jafar menyatakan perlu pemberlakuan kebijakan yang disesuaikan dengan kondisi daerah setempat.

"Penyinergian dengan cara menetapkan batas khusus pada setiap penawaran akan memudahkan masyarakat mendapatkan perumahan yang diinginkan dengan harga terjangkau,"kata Jhony Halim Jafar.

Dia mengatakan, perbankan sebagai penyedia dana talangan diharapkan dapat memberikan semacam toleransi kepada masyarakat, salah satunya dalam bentuk fasilitas kredit bunga rendah. "Kendala utama yang dihadapi masyarakat saat ini terkait tingginya suku bunga yang diterapkan pihak perbankan untuk penawaran unit-unit perumahan,"katanya.

Dia menambahkan, permintaan masyarakat terhadap perumahan saat ini cukup tinggi, sayangnya permintaan tersebut belum diimbangi ketersediaan yang memadai sangat berpengaruh terhadap pangsa pasar.

"Minat beli masyarakat menurun disebabkan ketidakterjangkauan harga beli dan suku bunga yang relatif tinggi yang diberikan pihak perbankan,"katanya. Solusi yang ditawarkan dalam pembangunan perumahan untuk masyarakat adalah dengan membentuk kerjasama antara perbankan dengan pengembang. "Untuk itu diperlukan analisa dari masing-masing pihak, sehingga kebijakan yang dihasilkan nantinya tidak mengacu pada kepentingan bisnis semata dan masyarakat dengan tingkat kesulitan ekonomi yang terbatas dapatk sisi kemudahan dalam hal penawaran jasa perumahan dimaksud," katanya.


Sumber : www.properti.kompas.com/Lahan.dan.Listrik.Mahal.REI.Sumbar.Sulit.Bangun.Rumah.Terjangkau

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar