Jumat, 27 Mei 2011

Perumahan Alam Permai Tangerang Percontohan Kampung Hijau



TANGERANG, Kompleks Perumahan Alam Permai di Kelurahan Cipondoh Indah, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, dijadikan sebagai percontohan kampung hijau dengan melibatkan semua penghuni sehingga lingkungan sekitar menjadi tertata rapi.

Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup BPLH Pemkot Tangerang, Hj Roostiwie dihubungi Kamis mengatakan, peran serta warga perumahan Alam Permai sangat diperlukan dalam mewujudkan kampung hijau. "Jika hanya petugas pemerintah yang aktif mengelola kampung hijau, niscaya tidak berhasil karena itu diharapkan peran serta warga," katanya.

Dia mengatakan, pada Perumahan Alam Permai terdapat kegiatan masyarakat terkait peningkatan pengelolaan lingkungan, pemilahan sampah kering dan basah, penanaman pohon, pembuatan tandon air hujan, menyediakan bak sampah serta pembuatan sumur resapan (biopori).

Menurut dia, bila memang sampah akan memberikan nilai ekonomis bagi warga penghuni perumahan itu, maka dapat dipilah supaya tidak mengotori lingkungan, kemudian dapat dijual. Namun begitu, katanya, sebagai percontohan, maka untuk selanjutkan diterapkan di Perumahan Bugel Indah, Kelurahan Bugel, Kecamatan Karawaci dan Perumahan Buana Permai, Kecamatan Cipondoh serta Perumnas I Karawaci.

Demikian pula program kampung hijau juga diterapkan di perkampungan penduduk yang bermukim sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Cisadane di Kecamatan Karawaci dan Kecamatan Tangerang.

Sebelumnya, Wali Kota Tangerang, H Wahidin Halim mengatakan, program kampung hijau di wilayah ini dirancang khusus untuk mengatasi lingkungan terutama menyangkut pencemaran udara yang diduga sengaja dikeluarkan oleh sejumlah pengusaha pabrik.

Menurut Wahidin bahwa keberadaan kampung hijau sangat membantu lingkungan terutama mengatasi dugaan pencemaran udara oleh pengusaha pabrik. Selain itu, program kampung hijau juga berupa penanaman aneka pohon pelindung diwajibkan bagi pemilik setelah adanya upaya perbaikan rumah yang dianggap sehat sesuai standar kesehatan.

Bahkan program itu diutamakan bagi warga kurang mampu yang berdomisili sekitar pabrik seperti di Kecamatan Batuceper, Karawaci, Periuk, Jatiuwung, Cibodas, Benda, dan Kecamatan Neglasari.

Selama ini Pemkot Tangerang membantu warga dengan program bedah rumah namun dianggap tidak bermanfaat terhadap lingkungan karena diperkirakan sekitar 1.800 pabrik dengan sekala besar dan kecil membuang limbah hasil pruduksi berupa pencemaran udara.

Sumber : www.properti.kompas.com/Perumahan.Alam.Permai.Tangerang.Percontohan.Kampung.Hijau

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar