Jumat, 20 Mei 2011

Podomoro City olah sampah jadi sumber pendapatan


JAKARTA: Agung Podomoro Group mengembangkan sistem pengolahan sampah mandiri di seluruh proyek propertinya, yang ditargetkan dapat berubah fungsi dari sumber biaya menjadi sumber pendapatan.

Alvin Andronicus, GM Pemasaran Podomoro City, mengatakan pengembangan sistem pengolahan sampah mandiri itu sejalan dengan peraturan baru Pemprov DKI Jakarta, yang mewajibkan seluruh pengembang di lima wilayah DKI Jakarta membangun fasilitas pengolahan sampah berbasis intermediate treatment facilities (ITF) mulai 2012.

"Nanti semua proyek properti kami akan memiliki sistem pengolahan sampah mandiri. Tapi kami memulainya di Podomoro City yang kini sudah memiliki rumah green waste. Kami juga sedang mempelajari pengolahan sampah untuk bio energi yang menghasilkan listrik untuk memasok Podomoro City sendiri," katanya di Jakarta, hari ini.

Proyek Podomoro City di Grogol, Jakarta Barat, menjadi proyek percontohan rumah kompos untuk mengolah sampah yang dihasilkan superblok seluas 21 hektare itu menjadi pupuk dan bio energi yang menghasilkan listrik ramah lingkungan.

Dia mengharapkan pengembangan manajemen sampah yang berbasis bersih lingkungan itu bisa meningkatkan kualitas proyek yang dikembangkan grup pengembang itu, sekaligus meningkatkan nilai jual produk properti di pasar.

Menurut dia, hal itu tidak berlebihan karena kecenderungan pasar properti saat ini sangat peduli dan menyukai produk properti yang memiliki perhatian terhadap konsep berwawasan lingkungan.

Untuk itu, tutur Alvin, Podomoro City menjadi uji coba pasar dalam menyinkronkan proyek properti dengan konsep berwawasan lingkungan.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta meminta seluruh perusahaan pengembang di lima wilayah DKI Jakarta membangun fasilitas pengolahan sampah berbasis intermediate treatment facilities (ITF).

Kepala Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta Eko Bharuna mengatakan pihaknya menargetkan sistem pengolahan sampah kawasan berlaku efektif pada 2012, setelah sebelumnya disahkan melalui peraturan daerah tentang sistem pengolahan sampah sendiri.

"Sebelum di-Perda-kan perlu dikasih contoh dulu, dan di PIK [Pantai Indah Kapuk] sudah melakukan pengolahan sampah yang akan dijadikan pilot project untuk kawasan pengembang lain," ujarnya, baru-baru ini.

Sumber : www.bisnis.com/podomoro-city-olah-sampah-jadi-sumber-pendapatan
Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar