Rabu, 27 Juli 2011

2.000 Rumah Murah Bakal Hadir di Malang



Jakarta - Sebanyak 2.000 rumah murah siap dibangun di Malang, Jawa Timur pada tahun ini. Meski permintaan rumah murah di Malang mencapai 6.000, namun pengembang properti hanya sanggup membangun 2.000 saja.

Demikian disampaikan Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Suharso Monoarfa, dalam jumpa pers, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (26/7/2011).

"Ada 6.000 rumah di Malang, tapi baru deliver 2.000. Lokasi rumah masuk berdekatan dengan komplek elit Jepang," jelasnya.

Selain kota Malang, Balikpapan juga akan memiliki 1.000 rumah murah baru sepanjang tahun ini. Kedua kota ini diharapkan menjadi pendorong pengembang lain dalam membangun rumah murah, yang ditargetkan pemerintah 50 ribu unit sepanjang tahun ini.

Suharso pun sangat mengapresiasi pengembang di Malang dan Balikpapan. Pasalnya, lahan tempat membangun rumah murah menjadi milik pengembang, bukan hasil kerja sama Pemerintah Daerah (Pemda).

"Di sana lahan disedikan pengembang. Jadi Rp 25 juta (per unit) sudah termasuk lahan. Saya mengapresiasi inisiatif seperti itu," tutur Suharso.

Ia menambahkan, ketersediaan lahan memang menjadi kunci sukses pembangunan rumah murah. Klasifikasi tanah di Indonesia sangat beragam, hingga menyulitkan pemerintah dalam menyediakan lahan untuk kebutuhan tertentu.

"Indonesia itu hak ini-itu. Jadi problem di kita tanah, selain infrastruktur dan rumah. Kuncinya di landbanking. Di Prancis saja sudah ada yang namanya social housing, di mana 20% dari bangunan harus sebagai social housing. Kalau tidak bayar pinalti," tegasnya.

"Di Amerika Serikat, sampai dengan hari ini (pemerintah) selalu sediakan landbanking. Untuk itu (Indonesia) bentuknya transfer ke daerah untuk memastikan lahan. Karena tanah negara, tidak serta merta milik negara kan," kata Suharso.

Sumber : www.finance.detik.com/rumah-murah-bakal-hadir-di-malang

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar