Kamis, 28 Juli 2011

Jakarta butuh sentra primer pendukung



JAKARTA: Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun sentra primer baru timur dinilai barhasil jika dapat memotivasi warganya tinggal, bekerja dan berekreasi di dalam satu kawasan tersebut.

Arsitek dan dosen arsitektur Institut Teknologi Bandung M. Ridwan Kamil mengatakan sentra primer baru timur harus dibangun dengan konsep superblock.

"Untuk itu pembangunan sentra primer baru timur harus dilaksanakan dengan konsep superblock yang benar dan dibarengi dengan sistem public transportation yang akan menjadi andalannya," katanya dalam seminar bertema Sudahkan kota multicultural Jakarta melayani warganya di Jakarta hari ini.

Dia mengatakan Jakarta yang akan dikembangkan menjadi kota yang baik dan dapat memberikan kenyamanan bagi warganya harus memiliki sejumlah sentra primer dan sentra bisnis yang tersebar di 5 wilayah kotanya.

Jika pengembangannya hanya terpusat di wilayah segi tiga emas jalan Sudirma-jalan MH Thamir, jalan Rasuna Said dan jalan Gatot Subroto maka kondisinya seperti yang terlihat sekarang sangat padat dan lalu lintasnya macet.

"Maka sekarang ini ada pergeseran ekonomi formal ke arah selatan di jalan TB Simatupang, ada belasan gedung sedang menunggu untuk dibangun. Sehingga dalam konteks radius pelayanan perlu ada sentra-sentra baru itu," ujarnya.

Ridwan mengatakan rumah susun Sentra Timur Residence yang dibangun PT Bakrie Pangripta Loka, anak perusahaan dari PT Bakrieland Development Tbk itu telah mewakili konsep zona tempat tinggal, kerja dan rekreasi secara berdekatan.

Kepala Bidang Perencanaan Tata Ruang Dinas Tata Ruang DKI Jakarta Izhar Kadir mengatakan pembangunan sentra primer baru timur dan barat serta Sudirman Central Business District, Rasuna Epicentrum, dan kawasan jalan Dr Satrio Kuningan merupakan optimalisasi pemanfaatan lahan.

"Dengan konsep pembangunan gedung yang vertical untuk tempat hunian dan pusat bisnis menjadikan kawasan lebih tertata dan semakin banyak tersedia ruang terbuka hijau untuk kenyamanan warga Jakarta," katanya.

Sumber : www.bisnis.com/infrastruktur/properti/jakarta-butuh-sentra-primer-pendukung

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar