Senin, 25 Juli 2011

Wow! Bunga KPR Bank Saat Ini Terendah Sejak Merdeka



Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat rata-rata suku bunga Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) sebesar 11%. Ternyata suku bunga tersebut tercatat paling rendah yang pernah ada.

Bahkan beberapa bank berani menawarkan bunga KPR dibawah 10%.

"Suku bunga KPR bank saat ini adalah yang terendah yang pernah ada indonesia yaitu untuk beberapa bank sudah dibawah 10%," ujar Analis dan Pengamat Perbankan Mirza Adityaswara kepada detikFinance di Jakarta, Minggu (24/7/2011).

Menurut Mirza, karena bunga KPR rendah maka permintaan hal ini yang menyebabkan bank ramai-ramai mengucurkan kredit KPR walaupun marjinnya rendah.

"Dari sisi laba sebenarnya marjin memberikan kredit KPR bagi bank tidak tinggi, tapi dari sisi permodalan cukup efisien karena KPR bobot resiko dalam perhitungan CAR (Rasio Kecukupan Modal) hanya 40 persen sehingga lebih hemat modal bagi bank memberikan kredit KPR dibandingkan kredit kepada korporasi," paparnya.

Selain itu KPR kepada debitur, lanjut Mirza untuk membeli rumah pertama cenderung Rasio Kredit Macet (NPL) nya rendah. Hal ini dikarenakan debitur akan tepat bayar ke bank.

"Kan debitur tidak ingin kehilangan rumahnya," kata Anggota Dewan Komisioner LPS ini.

Dihubungi secara terpisah, Pengamat Perbankan yang juga Komisaris PT Bank Mandiri Tbk Krisna Wijaya mengatakan dilihat dari faktor risiko, sektor properti masih relatif rendah.

"Pertama, karena kebutuhannya belum jenuh. Kedua, sektor properti sebagai sarana investasi (jual beli atau hasil sewa). Karakteristik seperti itu membuat bank tertarik," jelasnya.

Berikut ini data Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) KPR pada 10 bank seperti tertuang dalam situs resminya :



  1. Bank Mandiri : 11,75%.
  2. BNI : 12,72%
  3. BCA : 9,50%
  4. BII : 11,75%
  5. Bank Danamon : 12,50%
  6. Bank Permata : 12,00%
  7. Bank Panin : 12,27%
  8. BRI : 11,49%
  9. BTN : 10,85%
  10. Bank CIMB Niaga : 11,25%

Sumber :  www.finance.detik.com//wow-bunga-kpr-bank-saat-ini-terendah-sejak-merdeka

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar