Rabu, 27 Juli 2011

Bandara Soetta Moderen Pertahankan Arsitektur Klasik Joglo





Jakarta - Pihak PT Angkasa Pura II (AP II) akan tetap mempertahankan arsitektur rumah khas Jawa atau 'Rumah Joglo' di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Walaupun bandara terbesar di Indonesia itu akan dimodernisasi beberapa tahun mendatang.

Direktur Utama AP II Tri Sunoko mengatakan konsep umum Bandara Soetta adalah landscape airport. Nantinya, akan terjadi renovasi total di terminal 1 dan 2 Bandara Soetta.

"Bentuk Joglo tetap dipertahankan karena merupakan salah satu ciri bangunan tradisional bangsa Indonesia dan pernah mendapatkan Aga Khan Award," kata Tri kepada detikFinance, Selasa (26/7/2011).

Penghargaan Aga Khan untuk Arsitektur atau Aga Khan Award for Architecture (AKAA) adalah penghargaan arsitektural yang digagas oleh Aga Khan IV di tahun 1977. Penghargaan ini diumumkan setiap tiga tahun sekali untuk beberapa proyek sekaligus dan memberikan penghargaan keuangan, dengan total hadiah sampai US$ 500.000.

"Tapi bangunan dalamnya akan direnov total moderen berkelas dunia. Bangunan baru Terminal 3, konsepnya modern dengan tradisional flavour, yang maksudnya ciri-ciri Indonesia tetap harus tampil," tegasnya.

Proyek senilai Rp 11,7 triliun ini akan mulai dilakukan pada 2012. Arsitek dari Institut Teknologi Bandung (ITB) merancang desain awal bandara tersebut, dan nantinya akan menggandeng arsitek asing

Dana pembangunan bandara ini berasal dari PT Angkasa Pura II dan pinjaman dari perbankan dalam negeri.

Bakal banyak perubahan yang nanti bakal terlihat di bandara internasional pertama di Tanah Air tersebut. Mulai dari fasilitas yang berhubungan dengan penerbangan, hingga fasilitas penunjang seperti hotel dan mal.

Beberapa perubahan lain yakni, akan adanya angkutan tanpa awak untuk mengantar penumpang dari terminal 1, 2, dan 3 serta pusat perbelanjaan yang berada di integrated building.

Desain baru Bandara Soetta untuk pengembangan dan mengantisipasi terbatasnya kapasitas. Sekarang ini kapasitas bandara untuk 22 juta penumpang, namun kenyataannya sudah ada 44 juta.

Semua fasilitas di bandara ini bakal sesuai dengan standar internasional. Masing-masing terminal akan terhubung satu sama lain. Fasilitasnya tentu standar-standar internasional. Di antara terminal 3, terminal 1 dan 2 nanti ada connecting building.

Sumber : www.finance.detik.com/bandara-soetta-moderen-pertahankan-arsitektur-klasik-joglo

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar