Kamis, 14 Juli 2011

Mal-mal Baru Tetap akan Hadir di Jakarta Hingga 2012




Jakarta - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI) memastikan mal-mal baru akan tetap berdiri setidaknya hingga 2012 di Jakarta meski akan diberlakukan moratorium (penghentian sementara) izin pembangunan mal. Hal ini karena sudah banyak izin pembangunan mal yang sudah dikeluarkan oleh Pemda DKI Jakarta.

Ketua Umum APPBI Stefanus Ridwan mengatakan secara prinsip pihaknya setuju adanya moratorium tersebut. Selain izin pembangunan mal sudah banyak keluar, setidaknya hingga beberapa tahun kedepan pendirian mal masih berlangsung karena masih mengantongi izin yang lama.

"Izin yang sudah keluar untuk mal sudah banyak," kata Ridwan saat dihubungi detikFinance, Rabu malam (13/7/2011).

Ia menambahkan adanya moratorium izin pembangunan mal merupakan ide bagus sehingga pengembang sangat mendukung keputusan tersebut. Meskipun alasan Pemda DKI terkait keputusan itu karena mulai ada tanda-tanda ruang ritel mal di Jakarta mulai jenuh, tak sepenuhnya benar.

"Di Jakarta Timur dan Barat belum jenuh, yang jenuh itu Pusat dan Selatan, Utara sedangkan Timur dan Barat masih bisa dikembangkan terutama di Timur," katanya.

Pada tahun 2010 sudah ada 4 mal yang telah berdiri di Jakarta yaitu Epicentrum Walk, Grand Paragon Gajah Mada, Cibubur Square dan Mall Gandaria. Total dari pusat belanja itu memberikan tambahan suplai baru hingga 166.000 meter persegi atau naik 4,4% dari total ruang ritel di Jakarta sebanyak 3,92 juta meter persegi.

Sementara itu untuk tahun 2011 akan ada tambahan pasokan 3 mal di Jakarta yaitu MT Haryono Square, Kuningan City dan Kota Kasablanka yang diperkirakan memberikan tambahan suplai luasan sektor ritel 155.000 meter persegi, angka ini memang menunjukan penurunan luasan suplai ruang ritel mal dibandingkan 2010.

Pada tahun 2012 diperkirakan pertumbuhan mal di Jakarta akan mengalami kenaikan, diperkirakan akan ada tambahan suplai sampai 196.000 meter persegi. Beberapa mal yang direncanakan akan berdiri di 2012 yaitu Kemang Village, Ciputra World Jakarta, Green Tebet Food Center dan kemungkinan Galeria Glodok atau Citylofts.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo sebelumnya mengatakan, pihaknya akan menghentikan izin pembangunan mal baru di ibukora karena berdasarkan laporan para pengembang, banyak pertokoan atau mal yang kosong. Moratorium akan segera diterbitkan dan berlaku hingga 2012.


Sumber : www.finance.detik.com/mal-mal-baru-tetap-akan-hadir-di-jakarta-hingga-2012

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar